Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waduh, Ini Lho Bahaya Menggunakan Toilet Duduk!

Waduh, Ini Lho Bahaya Menggunakan Toilet Duduk!
MAWABEJA.COM - Seiring berkembangnya era globalisasi dan masyarakat modern membuat setiap perlengkapan dalam rumah dari perlengkapan yang jadul telah diganti dengan perlengkapan rumah yang sudah modern, tidak menuntut kemungkinan dengan penggunaan toilet.

Masyarakat Indonesia pada umumnya masih menggunakan toilet jongkok dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dengan modernisasi semakin berkembang membuat penggunaan toilet jongkok digantikan dengan toilet duduk.

Sebab, selain lebih tampak modern menggunakan toilet duduk membuat kaki tidak mudah lelah dari pada harus jongkok. Meskipun begitu setiap barang pasti memiliki dampak negatif dan dampak positifnya, itu juga berlaku pada penggunaan toilet duduk.
Waduh, Ini Lho Bahaya Menggunakan Toilet Duduk!
Menurut sebuah penelitian menyebutkan jika penggunaan toilet duduk dapat menyebabkan sembelit. Selain itu ada beberapa macam gangguan kesehatan saat menggunakan toilet duduk seperti berikut ini.

Sembelit
Berbeda dengan menggunakan toilet jongkok, penggunaan toilet duduk dapat mengakibatkan sembelit. Hal ini dikarenakan saat buang air besar dengan posisi duduk membuat proses keluarnya kotoran tidak maksimal.

Tubuh tidak dapat mendorong lebih kuat lagi, sehingga kotoran tidak dapat keluar dengan baik. Akhirnya kotoran menumpuk serta mengeras dan mengakibatkan sembelit.

Hemoroid
Hemoroid dapat mengakibatkan pendarahan saat buang air besar. Hal ini disebabkan oleh otot anal mengalami peradangan karena mendorong kotoran keluar terlalu keras dan mengalami tegang. Sehingga membuat vena yang berada di sekitar dubur menjadi bengkak dan bahkan sampai mengalami pendarahan.

Penyakit Usus
Penggunaan toilet duduk membuat kotoran keluar tidak maksimal, sehingga membuat kotoran menumpuk di usus. Akibat dari penumpukan kotoran ini membuat tubuh tidak dapat dengan baik melakukan penyerapan nutrisi terhadap makanan yang sudah dimakan.

Alhasil terjadilah gangguan kesehatan seperti mengeluh sakit pada perut, gangguan pada ginjal, dan beberapa macam gangguan lainnya.

Gangguan Pada Panggul
Berbeda dengan penggunaan toilet jongkok, penggunaan toilet duduk malah membuat gangguan pada panggul. Hal ini dikarenakan tekanan pada usus besar yang mengakibatkan gangguan pada panggul. Sedangkan ketika menggunakan toilet jongkok membuat saraf pada panggul dapat terlindungi.

Tanpa kita sadari penggunaan toilet juga berpengaruh terhadap kesehatan. Jadi, jangan terlalu menerima pengaruh modernisasi tanpa menelaah dan mengetahui dampak negatif serta positifnya.