Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Simpel Mengatasi Flu Saat Musim Hujan

Tips Simpel Mengatasi Flu Saat Musim Hujan
MAWABEJA.COM - Flu, demam, dan pilek adalah penyakit yang sering dialami oleh banyak orang saat musim hujan. Hal itu dikarenakan tingginya tingkat kelembaban udara yang membantu mempercepat pertumbuhan bakteri dan virus pemicu flu.

Serangan flu dan pilek umumnya ditandai dengan badan yang meriang, kepala pusing, dan hidung tersumbat yang pastinya dapat mengganggu aktivitas keseharian. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa cara simpel untuk mengatasi flu ketika musim hujan :

  • Berkumur
  • Berkumur menggunakan air hangat sampai mengenai tenggorokan akan mempercepat untuk mengatasi flu. Apalagi bila menggunakan air panas yang dicampur bahan alami seperti garam, chamomile atau lemon akan lebih baik. Itu karena bahan alami tersebut memiliki kandungan anti-bakteri yang membantu membunuh virus penyakit.

  • Konsumsi Minuman Hangat
  • Jika flu semakin buruk, konsumsi minuman hangat akan membantu mempercepat pemulihan saat sakit, membantu melawan infeksi dan mengobati radang di tenggorokan dan membran hidung. Salah satu contohnya adalah dengan mengonsumsi teh herbal hangat atau jus buah hangat.

  • Istirahat yang Cukup
  • Pilek dan flu menyerang adalah salah satu bukti bahwa sistem imun tubuh sedang mengalami penurunan sehingga dibutuhkan istirahat yang optimal. Mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktivitas keseharian bisa menjadi solusi untuk membantu menyembuhkan flu.

  • Mandi Air Hangat
  • Dengan mandi air hangat akan membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat flu. Selain itu, hidung bisa cukup lega apabila menghirup uap air hangat tersebut.

    Beberapa tips tersebut bisa dilakukan untuk mengatasi flu saat musim hujan yang rawan penyakit flu ini. Sebagai tambahan, tak cuma melakukan hal tersebut, sebaiknya penderita jangan sampai menyedot hidung terlalu keras ketika pilek. Menyedot hidung terlalu keras akan meningkatkan resiko terkena sinus yang justru memperparah flu yang dialami.