Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Telapak Kaki supaya Tak Pecah-pecah

Tips Merawat Telapak Kaki supaya Tak Pecah-pecah
MAWABEJA.COM - Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dalam struktur tubuh manusia. Sudah pasti tanpa kaki manusia tidak akan mudah untuk melakukan aktivitas-aktivitas sehari-hari, utamanya untuk berjalan.

Kaum hawa yang sangat peduli terhadap penampilan, memperhatikan setiap kecantikan tubuh, apalagi yang dapat terlihat oleh masyarakat umum seperti kaki adalah aktivitas yang umum dilakukan.

Kaki pecah-pecah sejatinya bukanlah suatu penyakit berbahaya, melainkan hanya kurangnya nutrisi dan banyaknya aktivitas yang menyebabkan telapak kaki menjadi kering dan terlihat tidak sehat.

Tentunya hal ini akan sangat membuat berkurangnya rasa percaya diri, apalagi seseorang yang sering memakai sendal ataupun high heels, maka akan terlihat kurang bagus apabila kaki bagian bawah mengalami pecah- pecah.

Ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk merawat telapak kaki agar tidak pecah-pecah. Apalagi di jaman yang modern seperti ini, bisa di dapat dengan cukup mudah berbagai obat-obat di toko.

Namun merawat atau proses pencegahan akan lebih baik daripada mengobati, sehingga upaya pencegahan perlu diterapkan guna menanggulangi terjadinya telapak kaki pecah-pecah.

Berikut dibawah ini beberapa tips merawat telapak kaki agar tidak mengalami pecah-pecah. Semoga dapat membantu para wanita khususnya agar tetap pede mengenakan sandal atau high heels.

Hindari terlalu sering berjalan jauh

Berjalan jauh adalah salah satu dari aktivitas fisik yang bisa di bilang menyehatkan. Tetapi perlu diketahui bahwa terlalu sering berjalan terlalu jauh malah akan menyebabkan luka atau lecet pada kaki. Selain hal tersebut, apabila sering berjalan jauh maka akan membuat kaki pecah-pecah dan terlihat rusak.

Masalah semacam ini bisa disebabkan karena kulit pada telapak kaki menjadi kering sehingga terlihat pecah-pecah. Jadi, sebisa mungkin upayakan untuk tidak berjalan jauh yang terlalu sering, sehingga kesehatan telapak kaki tetap sehat dan terawat.

Sering konsumsi makanan berserat

Makanan pada jaman sekarang ini banyak sekali yang sudah tidak higienis. Hal tersebut karena banyak sekali campuran bahan kimia yang berdampak sangat tidak baik terhadap tubuh.

Bahan kimia ini bahkan bisa membuat penyakit-penyakit degeneratif yang sangat berbahaya, seperti kanker, yang diketahui menjadi penyakit pembunuh nomer 1 di Indonesia bahkan di dunia.

Sebaiknya, upayakanlah agar memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh sehari-hari dengan makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran. Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran mengandung air alami yang dapat menutrisi tubuh.

Karena dalam susunan tubuh manusia sendiri, diantaranya 70 % terdiri dari air. Makanan berserat ini akan membuat kaki dan bahkan semua organ dalam tubuh terpenuhi gizinya serta nutrisnya sehingga masalah seperti kaki pecah-pecah tidak terjadi kepada suatu individu.

Sahabat, itu tadi beberapa tips untuk mencegah kaki pecah-pecah. Sebelum masalah pada kaki semacam ini tak berlangsung, beberapa tips di atas bisa dilakukan agar pencegahan ini dapat berjalan sesuai apa yang diinginkan. Biar bagaimanapun, mencegah akan lebih baik daripada mengobati.