Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Alami Melancarkan ASI bagi Ibu Menyusui

Tips Alami Melancarkan ASI bagi Ibu Menyusui
MAWABEJA.COM - ASI atau Air Susu Ibu merupakan asupan yang sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Sebab ASI memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat lengkap dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Namun, apa jadinya apabila ASI tidak lancar atau tidak mau keluar setelah melahirkan.

Karena gangguan itulah para orang tua lebih memilih susu formula sebagai pengganti ASI, entah karena rasa kasih sayang terhadap bayi takut dia kelaparan atau karena kurang sabar dan frustrasi air susunya tidak lancar. Padahal gangguan ini dapat diatasi dengan beberapa macam cara, seperti tips berikut ini!

Perhatikan Konsumsi Makanan
Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga berpengaruh terhadap kelancaran ASI. Sebaiknya, perbanyak minum air putih sebab dapat memperbanyak produksi ASI untuk bayi.

Ada juga jintan hitam yang juga dapat memperbanyak ASI dan perhatikan pula makanan yang dikonsumsi harus sehat dan bergizi. Selain itu, hindari mengkonsumsi kopi atau makanan dan minuman berkafein serta jauhi pula rokok, baik itu perokok atau merokok.

Daun Katuk
Daun katuk memang sudah terkenal manfaatnya untuk memperlancar ASI untuk si buah hati. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, zat besi, fosfor, alkaloid, sterol dan asam seskuiterna di dalamnya.

Buah Pepaya
Buah pepaya sangat mudah untuk didapatkan, baik itu di dekat rumah atau di pasar. Jus pepaya plus madu merupakan minuman sehat yang diperuntukkan bagi ibu hamil, sehingga dapat membuat produktivitas ASI bertambah banyak. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A, vitamin C, asam folat dan kalsium di dalamnya.

Kacang Hijau
Kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1, fosfor, mangan, asam folat, tiamin, protein, dan magnesium di dalamnya. Kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan bayi dan dapat memenuhi kebutuhan protein.

Bayam
Bayam merupakan bahan makanan sumber energi yang sangat baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi, sebab bayam dapat meningkatkan sistem imun bayi yang baru lahir.

Karena adanya kandungan beberapa macam vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E , vitamin K, riboflavin, kalium, fosfor, asam folat, protein, zat besi, thiamin, dan karoten di dalam sayur bayam.

Pare
Pare merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit dan sering dimasak sayur oleh para ibu. Pare juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, seperti vitamin K, antioksidan, fitokimia lutein, dan likopen.

Dari rasanya yang pahit dan kandungan tersebut, pare memiliki manfaat yang sangat baik bagi ibu menyusui. Sebab pare dapat memperbanyak produksi ASI dan mengentalkannya sehingga bayi dapat kenyang dengan mudah. Selain itu, pare juga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dan diabetes.

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan tips melancarkan ASI dengan bahan alami yang dapat dicoba di rumah. Jadi, ASI merupakan minuman bagi si bayi yang kaya akan beberapa macam nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik bagi kesehatan si bayi.