Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik Liburan Ekstrim ke Air Terjun Malela di Jawa Barat ?

Tertarik Liburan Ekstrim ke Air Terjun Malela di Jawa Barat ?
MAWABEJA.COM - Air terjun Malela adalah destinasi wisata yang ada di Bandung dan dikenal dengan air terjun Niagara mini. Air Terjun atau Curug Malela ini berada di Desa Cicadas, Rongga, Bandung.

Jika dari jalan raya Cimahi, berjarak sekitar 40 kilometer. Rute menuju kesana bisa melalui Cimahi - Cimarame - Cililin - Gunung Halu - Rongga - Cicadas.

Meskipun tak seeksotis seperti Curug Cikaso di Sukabumi, tapi perjalanan menuju curug Malela itulah yang memberikan kesan bagi para traveller yang berkunjung kesana. Ini karena perjalanan menuju ke Curug Malela jalannya menanjak dan bisa dibilang rusak.

Akan tetapi pemandangan disana akan memanjakan mata dengan adanya perbukitan serta perkebunan teh. Apabila sudah sampai di Desa Cicadas, masih memerlukan perjalanan sekitar 5 kilometer untuk kesana. Terlebih kesana tidak ada lagi jalan yang beraspal.

Disana, jalannya hanya jalan berbatu yang terkadang dipenuhi dengan lumpur ditambah adanya pemandangan jurang ditepinya dengan kontur jalan yang menanjak. Medan ini menjadi medan offroad yang menjadi jalur menuju Air terjun Malela.

Kemudian setelah melewati jalan berbatu, maka akan disambut dengan turunan tajam yang berakhir pada rumah terakhir dalam wilayah desa tersebut. Nah, di depan halaman rumah itu dijadikan sebagi tempat parkir setelah melakukan perjalanan offroad.

Tapi untuk yang menggunakan mobil, tempat parkirnya cukup jauh karena jalan menuju kesana hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua. Tapi disana juga masih ada ojek motor.

Tak cukup sampai disitu tantangannya, dari tempat parkir motor tadi masih membutuhkan perjalanan 1 kilometer dengan berjalan kaki. Medannya yang dilalui juga cukup curam ditambah kontur tanah liat yang licin karena basah.

Untuk itu, perlu berhati-hati sekali saat melangkah, terlebih jalan yang cukup sempit dan hampir tidak ada kayu dipinggir jalan untuk pegangan.

Setelah melewati perjalanan yang begitu ekstrim dan melelahkan, maka semua itu akan terbayar sudah. Pasalnya, akan sampai juga di Air Terjun Niagara versi mini yang berada di Jawa Barat ini. Jadi apabila liburan ke Bandung, tempat ini bisa menjadi pilihan. (Travel)