Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Pandawa Bali, Kawasan Eksotis Penuh Ketenangan

Pantai Pandawa Bali, Kawasan Eksotis Penuh Ketenangan
MAWABEJA.COM - Pantai Pandawa Bali terletak di bagian selatan Provinsi Bali, dari segi administratif, area ini masuk dalam wilayah Desa Kutu, Kecamatan Kutu. Tempat ini bisa ditempuh dari Nusa Dua dengan jarak tempuh sejauh 3 km.

Ketika dalam perjalanan menuju pantai ini, pengunjung akan disuguhkan dengan adanya tebing-tebing megah yang terbelah oleh jalanan. Selain itu, juga terdapat pemandangan alam yang mempesona dengan patung tokoh pewayangan Pandawa yang berjejer pada jalan menuju pantai.

Ketika tiba di tempat lokasi, wisatawan akan mendapatkan pengalaman berkunjung yang berbeda karena pantai ini jauh lebih tenang dari dibandingkan dengan pantai Kuta.

Kedai-kedai yang terdapat di pinggir pantai merupakan salah satu fasilitas untuk pengunjung untuk bersantai sembari menikmati segarnya air kelapa dan menyantap jagung mahal.

Selain itu, makanan yang di jual pun tidak semahal seperti yang ada di pantai-pantai sebelumnya. Bagi pengunjung yang merasa lelah dan mulai bosan sudah tersedia tenda-tenda yang menawarkan pijat refleksi.

Pantai ini memiliki daya pikat tersendiri karena terdapat pasir yang bersih, Konservasi terumbu karang, tebing-tebing kapur dengan goa tempat patung pandawa, budidaya rumput laut, wisata spiritual dan wisata budaya.

Namun, tempat wisata ini merupakan kawasan pantai yang disucikan oleh masyarakat lokal, terdapat enam area yang disucikan, yakni Pura Dalem Segara, sumur, Sawan Sambing, Sawan Wela dan batu Cupid.

Oleh karena itu, sejak tahun 2004 pantai ini telah dilindungi oleh hukum adat dan siapapun yang melanggar peraturan pasti akan mendapatkan sanksi adat.

Tidak ada tempat penginapan di sekitar area Pantai Pandawa karena tempat ini yang tersembunyi dan jauh dari pemukiman. Akan tetapi pengunjung akan mendapatkan penginapan di kawasan sekitar Nusa Dua karena jaraknya yang terbilang dekat dengan pantai Pandawa. (travel)