Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Merek Dagang yang Efektif dan Efisien

Membuat Merek Dagang yang Efektif dan Efisien
MAWABEJA.COM - Dalam memulai membuka usaha mandiri, membuat merek dagang yang efektif merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran.

Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat merek agar penjualan akan berjalan relatif lancar jika merek dagang menarik dan mudah diingat oleh para konsumen.

1. Pilih nama yang berdaya pembeda
Buatlah merek dagang yang berbeda dari para pesaing, karena semakin berbeda merek yang digunakan maka semakin besar peluang usaha dapat maju dan berkembang.

Hal tersebut disebabkan karena jika menggunakan merek dagang yang sama atau yang hampir sama bisa menimbulkan persengketaan hukum yang pelik.

2. Pilih yang tidak membingungkan
Pilihlah sebuah nama yang unik tetapi tidak membingungkan agar konsumen mudah untuk menyebutkan dan mengingatnya.

3. Hindari merek dagang yang tidak dapat didaftarkan
Hindari menggunakan merek dagang yang tidak didaftarkan. Karena mendaftarkan sebuah merek datang merupakan hal yang penting untuk mendapatkan hak kepemilikan.

4. Hindari kata-kata yang bersifat deskriptif
Hindari pemakaian kata yang bersifat deskriptif seperti deterjen bubuk, gula merah dan lain sebagainya. Jika mengunakan nama seperti itu. Kemungkinan besar akan ditolak perijinannya karena istilah umum tersebut bisa digunakan siapa saja tanpa harus mendapatkan ijin.

5. Singkirkan nama depan
Memilih merek dagang dengan menggunakan nama depan seseorang biasanya tidak dapat didaftarkan sebagai merek dagang karena banyak sekali orang yang mempunyai nama yang sama.

Buatlah nama merek dagang yang dapat mencerminkan sifat atau karakteristik tertentu yang sesuai dengan produk. Selain itu gunakan kata-kata temuan yang efesien dan unik agar mudah untuk diingat.