Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Madu dan Jahe Sebagai Bahan Alami untuk Mengobati alergi

Madu dan Jahe Sebagai Bahan Alami untuk Mengobati alergi
MAWABEJA.COM - Alergi adalah reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu zat yang tidak berbahaya. Zat pemicu alergi disebut allergen. Allergen itu sendiri bisa masuk ke dalam tubuh lewat banyak cara, seperti melalui saluran pernapasan, melalui jarum suntik, dan berasal dari beragam jenis makanan. Adapun allergen hadir akibat adanya kontak langsung antara suatu zat terhadap kulit, umumnya seperti kosmetik, logam perhiasan (jam tangan), dll.

Respon abnormal terhadap benda-benda tertentu atau suatu zat tersebut tidak dimiliki setiap orang. Kecenderungan tubuh memiliki alergi bisa diwariskan oleh orang tua. Apabila salah satu orang tua mengalami alergi maka akan mewarisi pada keturunannya sebesar 50%, akan meningkat menjadi 75% bila kedua orang tua mengalami alergi.

Obat Alergi Tradisional

Sejatinya, alergi bukan sebuah penyakit yang dapat mengancam hidup penderita. Ini hanyalah kondisi tubuh seseorang yang tidak tahan atau terbiasa terhadap rangsangan benda sensitif.

Untuk membantu mengurangi reaksi dari alergi seperti gatal diperlukan obat seperti antihistamin dan steroid. Selain obat olahan pabrik, terdapat pula solusi alternatif pengobatan alergi dengan metode tradisional atau herbal.

  • Madu
  • Cairan kental yang disukai oleh lebah ini menjadi salah satu solusi pengobatan alergi. Ini dikarenakan terdapat serbuk sari dan substansi madu lain yang efektif mengatasi alergi dengan cara melawan reaksi yang ditimbulkan dengan merangsang sistem kekuatan tubuh.

  • Jahe
  • Minuman seduhan jahe dapat memberi kehangatan pada tubuh apabila diminum saat malam hari. Beberapa penelitian juga menemukan kandungan antishistamin alami dan dekongestan dalam jahe yang berkhasiat sebagai penurun reaksi alergi. Anda bisa mengiris jahe, kemudian seduh dalam satu gelas air panas, tambahkan madu secukupnya dan minum sehari minimal 2 kali sampai alergi sembuh.

  • Buah atau Sayur Kaya Antioksidan
  • Buah-buahan atau sayur-sayuran yang kaya akan antioksidan diperlukan tubuh untuk meringankan reaksi alergi. Beberapa buah dan sayur yang tinggi antioksidan antara lain wortel, bawang, tomat, pisang, apel, jeruk, biji anggur, dan pisang.

  • Berkumur Air Garam
  • Berkumur air garam sering dilakukan seseorang yang menderita sakit gigi, karena larutan garam akan membantu membunuh bakteri pada rongga mulut dan gigi. Air garam ini juga dapat membantu mengobati tenggorokan bengkak akibat alergi.

  • Teh Hijau
  • Minuman yang diklaim lahir di Jepang ini merupakan antihistamin alami yang efektif meringankan gejala alergi. Apabila tubuh Anda mulai merespon suatu zat atau benda yang tidak terbiasa, segera minum teh hijau. Ketika sudah mengalami alergi, dalam sehari minumlah 1-3 cangkir teh hijau.

    Cara Lain untuk Mengobati Alergi

    Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas sebagai ramuan tradisional untuk mengobati alergi, bisa juga dengan cara berikut ini:

  • Quercetin
  • Merupakan suatu antioksidan yang terdapat pada beberapa macam buah dan rempah seperti bawang, teh hitam, apel, dan buah dari suku beri-berian. Di dalam tubuh quercetin bertindak sebagai pemblokir sintetis histamin sehingga meminimalisir gejala alergi.

  • Asam Lemak Omega-3
  • Kegunaan asam lemak esensial omega-3 dalam tubuh hampir sama dengan quercetin, yaitu memblokir sintesis bahan kimia pemicu peradangan yang berpeluang menimbulkan reaksi alergi. Anda bisa menemukan nutrisi tersebut pada beberapa jenis makan seperti minyak biji rami, minyak ikan, dan kenari.

  • Antihistamin Alami
  • Obat alami yang kaya antihistamin bisa Anda peroleh dengan konsumsi buah tinggi vitamin C, jeruk misalnya. Selain itu, Anda juga bisa memberi asupan vitamin C harian dengan suplemen atau vitamin harian yang dapat dibeli di toko obat terdekat.

    Obat alergi lain yang bisa Anda coba adalah bawang putih. Rempah ini dikatakan sebagai obat alami untuk menghilangkan alergi. Anda bisa mengonsumsi dalam keadaan mentah, tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis.