Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kawah Putih, Suatu Tempat Eksotik di Ciwidey, Bandung

Kawah Putih, Suatu Tempat Eksotik di Ciwidey, Bandung
MAWABEJA.COM - Apabila mengunjungi kota Bandung, cobalah untuk singgah ke Ciwidey karena di tempat tersebut terdapat kawasan yang menakjubkan yaitu kawah putih.

Dalam perjalanan menuju kawah, pengunjung akan disuguhkan dengan melewati objek wisata yang tak kalah mempesona seperti kebun teh, hutan pinus, rel kereta tua dan hamparan sawah yang siap menyejukkan mata.

Kawah putih terletak di gunung Patuha, yaitu sebuah gunung yang berada di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 2.386 meter. Kawah yang dihasilkan oleh gunung inilah yang dijadikan sebagai objek wisata indah dan dikenal dengan nama kawah putih.

Sebelum sampai ke tempat tujuan, kendaraan pengunjung harus diparkir terlebih dahulu guna mempermudah akses. Selanjutnya wisatawan diharuskan berjalan kaki menuruni tangga.

Setelah sudah lebih dekat dengan kawah, hati akan langsung berdecak kagum ketika melihat keseluruhan pesona pemandangan di sekitarnya karena terlihat hamparan tanah putih dan terdiri dari belerang dengan gundukan-gundukan tanah yang tidak rata.

Kemudian, akan tampak air kawahnya berwarna hijau kebiruan sangat menarik perhatian bagi wisatawan yang melihatnya. Juga ditambah lagi di sekelilingnya terdapat pegunungan yang sebagian sudah kering tetapi masih ditumbuhi beberapa pohon hijau.

Kawah ini tergolong cukup luas dengan warna yang bisa berubah-ubah sesuai dengan pancaran cahaya matahari. Namun karena bau belerangnya yang begitu menusuk hidung dan dapat membuat batuk-batuk, para pengelolanya membuat beberapa titik dipasangi peringatan agar pengunjung tidak terlalu dekat demi menghindari keracunan asap belerang.

Dengan mengunjungi kawah ini, pelancong akan mendapatkan pengalaman yang berbeda yaitu seolah-olah sedang berada di salju karena tanahnya putih layaknya salju. Kemudian adanya kawah berwarna hijau kebiruan membuat kesan seperti berada di pantai.

Selain hal itu, pohon-pohon yang sudah kering dan batu-batu besar indah mampu semakin menciptakan suasana yang berbeda sehingga tempat ini menjadi tempat favorit banyak orang. Cocok juga lho bagi calon pengantin yang ingin melakukan foto pre-wedding! (travel)