Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Cikaso, Air Terjun Indah di Sukabumi, Jawa Barat

Curug Cikaso, Air Terjun Indah di Sukabumi, Jawa Barat
MAWABEJA.COM - Curug Cikaso adalah air terjun yang terletak di Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cikaso sebenarnya memiliki nama Curug Luhur, namun kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan sebutan Curug Cikaso.

Air terjun ini mengalir dari Cicurug (anak sungai Cikaso) dan airnya tampak jernih serta terkesan begitu alami. Letaknya di tengah hutan, membuat pengunjung takjub melihatnya dengan adanya pemandangan indah disekelilingnya.

Curug Cikaso mempunyai lebar tebing kurang lebih 100 meter dengan ketinggian sekitar 80 meter. Kemudian ada 3 air terjun yang berdekatan dan berjejer rapi memecah air yang turun dari atas. Pada setiap air terjun atau curug mempunyai nama masing-masing. Yang sebelah kanan bernama Curug Aki, bagian tengah bernama Curug Meong dan curug bagian kiri bernama Curug Asepan.

Air yang terjun ke bawah dari 3 curug tersebut membentuk seperti kolam dengan air yang berwarna biru membuat pengunjung terpesona melihatnya. Apalagi ditambah adanya aliran sungai, batu-batuan, dan pohon disekelilingnya membuat pesona keindahan semakin terasa. Seolah-olah pengunjung seperti ada di taman yang menakjubkan.

Untuk memasuki curug ini, letaknya berjarak kurang lebih 110 kilometer dari Kota Sukabumi atau 70 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Dan dikenakan tarif sekitar 3 ribuan rupiah per orang pada pos penjagaan. Setelah itu pengunjung mempunyai 2 pilihan untuk sampai ke lokasi.

Pilihan yang pertama adalah berjalan kaki dengan melewati persawahan dan pemukiman warga setempat. Tapi untuk berjalan kaki pasti akan memeras keringat. Kemudian untuk pilihan kedua, bisa memakai jasa perahu yang ada di pinggir sungai Cikaso dengan tarif sekitar 75 ribu rupiah.

Tempat ini bisa dijadikan lokasi wisata alam ekstrim saat weekend. Tertarik untuk menyambut liburan di Curug Cikaso ini? Silahkan datang langsung kesana. (Travel).