Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Fisik Orang yang Kurang Tidur Malam

Ciri-ciri Fisik Orang yang Kurang Tidur Malam
MAWABEJA.COM - Tidur adalah kebutuhan dasar bagi setiap manusia normal, namun terkadang aktivitas manusia yang semakin padat membuat waktu tidur menjadi berkurang. Setiap orang memiliki jatah tidur masing-masing, bagi orang dewasa rata-rata akan membutuhkan waktu tidur setidaknya 6 sampai 8 jam dalam semalam.

Kurang tidur pada malam hari tentunya bisa menyebabkan rasa mengantuk yang terus dirasakan pada saat siang harinya. Tak cukup sampai disitu, orang yang kurang tidur juga mempunyai tanda fisik yang dapat diketahui. Berikut beberapa Ciri fisik orang yang kurang tidur malam selengkapnya.

1. Terdapat Kantung mata
Munculnya kantung mata merupakan salah satu tanda kekurangan waktu beristirahat. Hal itu dikarenakan oleh mata yang mengalami kelelahan sehingga mengakibatkan semacam tekanan di mata dan menyebabkan bagian bawah mata menjadi berkantung.

2. Muncul Garis-garis halus di kulit
Tubuh akan melepaskan hormon melatonin ketika seseorang sedang tertidur. Hormon tersebut dapat menghasilkan antioksidan yang alami. Akibatnya, bila tubuh kekurangan antioksidan, maka kulit jadi mudah berkerut karena antioksidan sendiri dapat membantu mengatasi radikal bebas.

3. Kulit Kusam
Ternyata kurang tidur juga menyebabkan kulit menjadi kusam. Saat kurang tidur, kulit akan berkurang kelembabannya sehingga tampak kering dan seperti bersisik.

4. Tumbuh Jerawat
Apabila pikiran dan tubuh mengalami kelelahan dan tak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka hormon stres atau kortisol akan meningkat. Meningkatnya hormon kortisol memicu peradangan yang berakibat pada tumbuhnya jerawat.

5. Bertambahnya berat badan
Tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon ghrelin ketika seseorang kurang tidur. Hormon ghrelin adalah jenis hormon yang memicu rasa lapar sehingga membuat seseorang sering ngemil dan naik nafsu makannya.

Aktivitas keseharian yang menyibukkan diri bukanlah alasan yang tepat untuk melupakan kondisi kesehatan tubuh. Tidurlah yang cukup di waktu yang tepat agar tidak mengganggu waktu produktif menjadi masa yang menjenuhkan dan muncul rasa ngantuk.