Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbisnis Bersama Pasangan atau Kekasih? Siapa Takut

MAWABEJA.COM - Sebagian besar orang tidak menginginkan untuk menjalankan bisnis dengan pasangan karena berbagai alasan, mulai dari adanya perbedaan minat, passion, kebingungan untuk membagi profit bisnis hingga takut mempengaruhi hubungan pribadi. Namun, jika menjalankan bisnis bersama pasangan dan berjalan dengan lancar maka dapat mengikat hubungan menjadi lebih baik lagi.

Untuk menjalankan usaha memang diperlukan sebuah komitmen yang benar-benar matang baik sebelum, selama dan setelah menjalankan bisnis tersebut. Berikut ini akan diberikan beberapa informasi mengenai strategi yang harus dilakukan pada saat membangun bisnis dengan pasangan.

1. Menyatukan Konsep
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis dengan pasangan adalah menentukan jenis bisnisnya. Tentukan konsep bisnis dengan memulainya dengan menentukan nama, lokasi, usaha, dan berbagai hal detail lainnya.

2. Merencanakan Modal
Tentukan bersama mengenai seberapa besar modal yang akan digunakan. Selain itu, tentukan juga persentase perkiraan untuk mengetahui keuntungan yang akan didapatkan.

3. Bersikap Transparan
Bersikaplah transparan dengan tidak menutupi apa-apa mengenai bisnis yang sedang dijalankan bersama. Jangan sampai timbul kecurigaan anta satu sama lain karena hal tersebut membuat bisnis menjadi hancur dan tidak menutup kemungkinan hal itu juga akan merusak hubungan pribadi.

4. Mengelola Bersama
Membangun bisnis bersama, berarti juga harus mengerjakan dan mengelolanya secara bersama-sama. Penting juga untuk dilakukan secara profesional, pisahkan persoalan pribadi dengan bisnis.

5. Membuat Komitmen Bisnis
Sebelum dan ketika sudah membangun sebuah bisnis, cobalah untuk membuat komitmen yang bertujuan agar masing-masing pihak merasa diuntungkan dengan bisnis yang dijalankan.

Intinya, hal terpenting yang harus dilakukan sebelum dan selama menjalankan bisnis bersama pasangan adalah dengan tetap menjaga kerja sama yang baik. (bisnis).