Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atasi Jerawat Batu Dengan Tepat

Atasi Jerawat Batu Dengan Tepat
MAWABEJA.COM - Wajah yang berjerawat membuat pemilik wajah menjadi kurang percaya diri. Umumnya jerawat mudah timbul pada wajah yang kotor dan berminyak. Jika jerawat yang tumbuh adalah jerawat biasa, maka mudah diatasi. Namun, jika yang timbul jerawat batu maka penanganannya harus berhati-hati. Pasalnya, jerawat batu susah dihilangkan dan dapat menimbulkan bekas.

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat pada setiap orang. Pertama, adanya pola keratinisasi dari folikel yang berasal dari kelenjar sebasea menjadi berlebih. Kedua, produksi sebum atau minyak meningkat atau berlebih. Hal ini menyebabkan sebum tersebut menumpuk dan akan susah keluar yang pada akhirnya akan menimbulkan jerawat.

Jika pada awalnya berbentuk kecil seperti komedo atau jerawat biasa, kemudian ditambah dengan adanya kuman dan bakteri yang ada dalam kulit meningkat menjadi komedo atau jerawat yang pada awalnya baik-baik saja menjadi besar dan meradang. Terlebih banyak orang terkadang menyentuh jerawat mereka menggunakan tangan yang kotor.

Namun selain itu semua, ada faktor lain yang mempengaruhi timbulnya jerawat batu menjadi semakin parah, seperti faktor stres, faktor hormonal, keluarga atau keturunan, makanan yang biasa dikonsumsi, cuaca buruk serta usia seseorang akan sangat mempengaruhi. Pada usia remaja biasanya akan lebih rentan terkena masalah jerawat yang disebabkan oleh faktor hormon yang tinggi menjadi penyebab utama timbulnya masalah jerawat batu.

Jerawat batu pada umumnya memiliki ciri-ciri yang berbentuk besar, agak merah atau merah, jika tersentuh akan sakit dan nyeri. selain itu biasanya di dalam jerawat batu akan ada isi seperti darah atau nanah. Jerawat batu biasanya akan menimbulkan bekas luka atau scar, jerawat batu juga merupakan jenis jerawat yang susah dihilangkan.

Untuk menghindari jerawat batu sebenarnya ada pencegahan dan pengobatan. Untuk pencegahan sebaiknya konsumsi makanan yang rendah lemak dan karbohidrat, rutin membersihkan wajah, terlebih bagi orang yang gemar menggunakan make up. Pasalnya make up dapat menutupi pori-pori yang menyebabkan penyumbatan dan berakibat menjadi jerawat batu.

Jerawat batu sebaiknya tidak diatasi atau diobati sendiri. Pada umumnya jerawat batu tidak dapat ditangani sendiri. Karena itu periksakan dan konsultasikan kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui tingkat keparahan jerawat tersebut. Biasanya jerawat dikategorikan dalam 3 kategori, yaitu ringan, sedang dan berat.

Akan tetapi pada umumnya jerawat batu atau acne conglobata masuk dalam kategori yang berat. Namun hal itu juga dapat dilihat dari seberapa banyak jerawat batu yang tumbuh pada wajah. Untuk jerawat batu yang dikategorikan dalam kategori yang berat sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter spesialis kulit.

Pasalnya, dalam pengobatannya menggunakan obat yang diminum, dioles ataupun disuntik. Selain itu bisa juga dengan rutin melakukan peeling untuk mencegah terjadinya jerawat pada wajah.

Sementara cara yang paling sederhana yang dapat dilakukan sendiri untuk menghilangkan jerawat ialah dengan istirahat yang cukup dan teratur. Karena faktor stres dan insomnia atau kurang tidur bisa menyebabkan timbulnya jerawat batu.

Jadi untuk menghilangkannya dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat melalui tidur yang teratur dan cukup. Cara sederhana ini terbilang lebih efektif untuk memberikan ruang istirahat dan regenerasi sel-sel kulit dengan baik pada kulit wajah.

Selanjutnya hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan membersihkan wajah. Wajah yang kotor merupakan salah satu faktor penyebab munculnya jerawat batu. Karena itu sebaiknya rutin membersihkan wajah 2 kali sehari secara teratur.

Setelah itu keringkan wajah dengan menggunakan handuk yang lembut dan bersih untuk mencegah bakteri menempel pada kulit wajah. Hal lain yang sebaiknya dilakukan adalah usahakan untuk membersihkan wajah sebelum tidur, karena pada saat tidur kulit akan mengalami regenerasi.

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah rutin minum air putih setiap saat. Banyak minum air putih menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat. Pasalnya, air putih sangat berkhasiat untuk membuang toksin dan juga sisa-sisa metabolisme dalam tubuh.

Dengan demikian semua kotoran dan sisa-sisa metabolisme tubuh akan dibuang secara efektif dan menyeluruh. Hal ini juga bisa menghindari timbulnya jerawat batu pada wajah.