Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Alami untuk Mengobati Sakit Kepala

5 Cara Alami untuk Mengobati Sakit Kepala
MAWABEJA.COM - Sakit kepala atau pusing menurut medis adalah sebuah keadaan dimana kepala merasakan sakit yang mencengkram, terkadang bagian yang sakit berpindah-pindah tergantung jenis dan tingkat keparahannya. Migrain juga sakit kepala, namun hanya bagian sebelah kepala. Sakit kepala adalah gangguan kesehatan universal yang kasusnya mencapai 99%.

Dalam beberapa kasus, sakit kepala bisa menunjukkan adanya gangguan kesehatan seperti tumor otak atau radang selaput otak. Namun, kedua kasus tersebut sangat jarang terjadi. Kebanyakan dokter mendiagnosa sakit kepala berulang terjadi karena terjadi ketegangan otot seperti di bagian bahu, leher dan kepala.

Pemicu lain terdapatnya rasa sakit di kepala adalah penyempitan pembuluh darah di kepala sehingga terkadang membuat penderita merasakan kepala seperti tertusuk secara tiba-tiba atau merasakan adanya tali yang mengikat bagian kening memutar kebelakang, tergantung seberapa parah keragamannya.

Sakit kepala lebih sering menyerang seseorang yang dalam kesehariannya menggunakan otak untuk bekerja ekstra, tubuh yang dipakai bekerja tanpa henti, tidak pernah beristirahat, kurangnya asupan vitamin dari buah dan sayuran segar serta malasnya untuk berolahraga. Kebiasaan minum alkohol juga memicu serangan sakit kepala secara tiba-tiba.

Penderita biasa mengambil tindakan dengan minum obat-obatan warung, berbagai merek saling adu kehebatan dalam meredakan rasa sakit. Tak mau ketinggalan, obat tradisional pun merupakan alternatif yang jauh lebih aman namun tetap efektif untuk meringankan sampai mengobati sakit kepala.

Obat Sakit Kepala Tradisional

Obat sakit kepala adalah cara mengatasi sakit kepala yang dipilih penderita dengan dalih tidak ada efek samping setelah minum obat dan tingkat keberhasilan dari penggunaan obat berbahan herbal ini presentasenya lebih tinggi daripada obat buatan pabrik.

1. Cengkeh
Cengkeh adalah tangkai bunga kering dari keluarga pohon Myrtaceae yang banyak digunakan sebagai bumbu pemberi rasa pedas pada masakan di negara-negara Eropa. Rempah asli Indonesia ini juga banyak terdapat dalam rokok kretek khas Indonesia.

Aroma yang keluar dari tanaman Nusantara ini ternyata bisa dihirup untuk meredakan sakit kepala. Ketika Anda terserang sakit kepala, hancurkan 10 buah cengkeh dan balut dalam kain atau saputangan agar ketika menghirup tidak secara langsung, melainkan ada pembatasnya. Ada juga yang membuat pasta cengkeh untuk dioleskan pada dahi, khasiatnya adalah meredakan sakit kepala.

2. Apel
Buah yang kaya akan antioksidan ini juga dapat meringankan sakit pada kepala. Makan buah apel yang diberi sedikit garam dapat mengurangi sakit kepala yang sedang dirasakan. Apabila Anda rasa cara ini terbilang kurang efektif dan cepat, ganti dengan yang lain.

3. Daun Alpukat
Untuk membuat obat sakit kepala dari daun alpukat, diperlukan beberapa bahan seperti 3 – 5 lembar daun alpukat segar dan satu cangkir air panas untuk menyeduh daun. Langkah pembautan tidak merepotkan, cuci bersih daun alpukat kemudian seduh dalam satu gelas air panas. Minum airnya sekali dalam sehari sampai sembuh.

4. Bunga Rosemary dan Daun Sage
Teh herbal yang dibuat dari perpaduan bahan berupa bunga rosemary dan daun sage berkhasiat untuk mengobati sakit kepala.

Sediakan bahan berupa daun sage dan bunga rosemary secukupnya, kemudian hancurkan kedua bahan tersebut, setelah itu seduh dalam segelas air mendidih. Tunggu dingin barulah diminum setidaknya dua kali dalam sehari sampai rasa sakit hilang.

5. Air Putih
Minum air putih adalah obat untuk menyembuhkan banyak penyakit (termasuk sakit kepala) yang paling mujarab. Semua organ tubuh memerlukan cairan agar dapat bekerja secara optimal.

Kekurangan cairan (dehidrasi) dapat mengundang penyakit seperti sakit kepala karena darah dan oksigen yang diangkut ke otak akan terpengaruh. Minum segelas air putih ketika diterpa sakit kepala dapat membantu sirkulasi oksigen dan darah ke otak.

Cara mengatasi sakit kepala dengan obat yang paling mudah adalah tidur. Menghabiskan jam tidur untuk terus bekerja dapat memancing otak bekerja lebih ekstra, karena itu biasakan untuk memanfaatkan jam tidur Anda dengan baik. Semoga bermanfaat.