Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menggunakan Facebook Lebih Efektif agar Tidak Kecanduan


MAWABEJA.COM - Tren menggunakan media sosial merupakan hal yang telah terjadi di seluruh dunia, tak ketinggalan di Indonesia. Tak cuma anak muda yang menggunakannya, mulai dari anak-anak, orang tua, dan manula pun banyak yang mempunyai akun pribadi di media sosialnya.

Selain twitter, Facebook adalah media sosial yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia. Facebook memang mempunyai keunggulan tersendiri sebagai media sosial dengan fitur yang banyak. Maka tak heran banyak orang yang tak henti-hentinya memainkan facebook hingga berjam-jam setiap harinya.

Memang tak ada salahnya bila menggunakan facebook untuk keperluan penting atau sekedar refreshing sejenak, namun bila sudah kecanduan dan membuang-buang waktu di facebook untuk hal yang tidak bermanfaat, maka hal ini bisa dibilang merugikan dan lupa waktu.

Seperti yang terlansir dari laman Mashable, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi kecanduan Facebook dan membuat waktu bermain Facebook jadi lebih efektif.

1. Tetapkan Tujuan
Sebenarnya facebook bukan hanya semata-mata social media yang berfungsi untuk memonitoring kehidupan penggunanya dan teman-temannya, namun masih banyak fungsi lainnya.

Selain bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menjalin kerja sama dalam hal-hal lain seperti ajang berkumpul untuk mengadakan kegiatan amal, promosi produk dan sebagainya.

2. Membatasi Waktu
Bagi yang kecanduan facebook untuk hal yang tidak produktif, maka menghentikan langsung adalah hal yang susah dilakukan. Akan tetapi dengan membatasi waktu bermain facebook mungkin masih bisa diterapkan.

Misalnya saja, bagi yang kecanduan hingga 6 jam sehari bermain facebook, bisa menguranginya menjadi 5 jam pada hari berikutnya, kemudian 4 jam hari berikutnya, 3 jam dan seterusnya sampai tersisa beberapa waktu yang lebih efektif, misal hanya 1 jam.

Tapi jika masih sulit menyelesaikannya, dapat saja memanfaatkan ekstensi yang ada di browser Google Crome, bernama “Stay Focus”. Ekstensi ini akan membantu pengguna untuk membatasi waktu menggunakan situs-situs tertentu yang telah di setting sebelumnya.

3. Berbagi Agenda
Di Facebook terdapat aplikasi kalender “30 Boxes”. Aplikasi Facebook tersebut berfungsi untuk mengatur serta berbagi tujuan dan agenda pengguna kepada teman-teman Facebook. Pengguna dapat membuat jadwal pribadi untuk menyelesaikan tugas-tugasnya atau tujuannya yang telah dijadwalkan.

Hal ini cukup efektif, karena tugas-tugas Anda akan dibagikan ke teman-teman Facebook, sehingga Anda bisa lebih berkomitmen dan bertanggung jawab tanpa harus menundanya lagi.

Aplikasi facebook kalender ’30 Boxes’ tersebut juga kompatibel dengan platform lainnya seperti Twitter, WordPress, Blogger, Google Calendar dan Yahoo Mail. Selain itu dapat pula diakses lewat smartphone via mobile version dari kalender.

4. Menganggap Facebook sebagai Hiburan atau Reward
Bila Anda memanfaatkan Facebook sebagai reward, maka pastikanlah untuk memakainya hanya sebagai hadiah di waktu luang. Contohnya sesudah menyelesaikan pekerjaan.

Dengan begitu bisa memanfaatkannya jadi lebih efektif dan tak berlama lama. Jadinya, pekerjaan beres, Facebook pun statusnya akan selalu terupdate.

5. Mematikan Komputer / Smartphone
Cara ini adalah langkah yang bisa diambil apabila masih susah juga mengendalikan diri dari kecanduan facebook. Caranya adalah dengan mematikan komputer atau perangkat untuk mengakses facebook. Gantilah dengan hal-hal lain yang bermanfaat seperti keluar dan menyalurkan hobi di dunia nyata.

Itulah beberapa tips mengatasi kecanduan facebook agar menjadi lebih efektif dan efisien. Jangan sampai kecanduan facebook dan hanya melakukan hal yang tidak bermanfaat. Semoga membantu.