Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencari dan Mengumpulkan Modal Usaha

MAWABEJA.COM - Memulai bisnis yang baru memang membutuhkan modal. Modal usaha umumnya terbagi menjadi tiga yaitu modal kerja, investasi, dan operasional. Akan tetapi apabila sudah mengetahui hal tersebut, beberapa orang justru semakin pusing. Pusingnya bukan karena menghitung modal, tapi bagaimana supaya modalnya terkumpul dan dari mana sumber modal tersebut.

Banyak orang yang hanya menyimpan ide cemerlangnya dan menahan impiannya untuk menjadi pengusaha karena tidak bisa mengumpulkan modal usaha. Akhirnya pun banyak yang memilih menjadi karyawan. Misalnya saja, ada seseorang yang akan memulai usaha rental warnet, tetapi membutuhkan biaya untuk membeli beberapa komputer, sewa tempat, dan memasang jaringan Wi-Fi senilai 30 juta.

Akan tetapi ia hanya memiliki uang senilai 5 juta. Lalu bagaimanakah caranya supaya ia bisa mengumpulkan modal ? Berikut ini beberapa sumber untuk mengumpulkan modal.

Modal Sendiri
Modal sendiri bisa berasal dari tabungan atau deposito. Bisa juga dengan menjual aset yang dipunyai meskipun itu adalah barang kesayangannya.

Meminjam
Meminjam memang menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan modal. Hal ini juga bisa lebih baik daripada menunggu tabungan sendiri yang belum juga terkumpul. Akan tetapi sebelum meminjam, harus memperhatikan cash flow. Pastikan bahwa akan mampu mengembalikan uang tersebut.

Kemitraan
Daripada menunggu modal dari tabungan sendiri yang belum terkumpul atau khawatir tidak bisa melunasi hutang karena telah meminjam uang, solusi lainnya adalah dengan melalui program kemitraan. Dengan begitu untung dan rugi akan ditanggung bersama.

Yang menjadi masalah menggunakan cara ini adalah menemukan orang yang tepat dan mau berkerja sama. Pastinya hal ini diperlukan hubungan kepercayaan dan kepastian mengenai hasil dari usaha tersebut.

Modal akan sangat berperan penting untuk memulai usaha. Jadi pastikan telah mencoba beberapa alternatif tersebut jika saat ini sedang kebingungan dalam mencari modal. Jangan pernah takut dan berhenti mencoba.