Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Mencari Ide Bisnis

MAWABEJA.COM - Ide bisnis adalah hal utama yang perlu dilakukan oleh calon pengusaha setelah menetapkan niat memulai bisnis. Mencari ide bisnis menjadi perkara sulit bagi sebagian calon pengusaha pemula. Selalu saja peluang terbuang dengan sia-sia.

Oleh karena itu, bagi yang memulai usaha atau pengusaha pemula. Inilah 5 tips yang perlu dipertimbangkan dalam menemukan ide bisnis, seperti yang dilansir dari Ciputra Entrepreneurship.

1. Mencari Peluang

Ketika mencari ide, cobalah untuk memulai bertanya kepada diri sendiri. Kira-kira apakah yang dibutuhkan di lingkungan sekitar, tapi belum ada. Jika jeli, menemukan peluang adalah hal yang tidak serumit yang dibayangkan. Cobalah untuk menulis setiap ide dan peluang yang dipikirkan. Jika bingung, mintalah bantuan orang lain yang kreatif dan jeli melihat peluang.

2. Tahu Target Pembeli

Setelah menemukan peluang dan dirasa bisa dimanfaatkan. Selanjutnya perlu menganalisa kira-kira apa sih kebutuhan pembeli itu dan seberapa banyak kemungkinan pelanggan yang akan bisa didapat dari bisnis ini? Cobalah sejenak untuk mengidentifikasi dengan detail hal ini.

3. Menjadi Unik dan Pertama

Menjadi yang pertama dan unik adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis untuk usaha baru. Karena yang pertama itu terbilang baru dan orang biasanya suka yang baru dan update. Apalagi jika yang baru tersebut begitu berkualitas.

4. Analisa Kebutuhan

Cobalah untuk menganalisa mulai dari modal, tempat, waktu, dan hal lain yang dirasa penting. Setiap bisnis tentunya berbeda, jadi perlu ada analisa tersendiri yang seharusnya jangan dilupakan.

5. Lanjutkan!

Setelah sudah cukup analisanya, cobalah dilanjutkan pada langkah berikutnya, seperti membuat konsep bisnis dan seterusnya. Jangan sampai ide hanya menjadi impian semata.

Itulah 5 hal yang dapat dilakukan saat mencari ide bisnis. Semoga membantu!