Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan Teknologi Informasi Pada Dunia Bisnis Era Modern


MAWABEJA.COM - Sebagaimana yang kebanyakan orang ketahui, sekarang ini perkembangan teknologi informasi begitu cepat sampai-sampai teknologi dapat dirasakan oleh berbagai usia dan dunia serta daerah. Hal ini dikarenakan cepatkan teknologi berada dalam suatu masyarakat atau kalangan. Manfaat teknologi di jaman ini telah mencapai pada berbagai fungsi dalam kehidupan masyarakat.

Bila ada orang yang masih asing dengan kata teknologi informasi, maka orang itu akan di anggap kuno atau dengan istilah nya ketinggalan zaman. Oleh karena itu pengetahuan akan tentang sebuah teknologi informasi adalah suatu hal yang sangat penting tidak hanya kalangan tertentu semisal pelajar atau mahasiswa dan guru melainkan orang tua, anak-anak harus mengikuti zaman dengan adanya teknologi informasi.

Alasan teknologi informasi ini di ciptakan adalah untuk membuat mudah para penggunanya dalam menulis dan mencatat suatu transaksi, penyimpanan sesuatu dalam format data, memperluas kepada para pengguna informasi dan juga mentransformasikan menjadi sebuah informasi.

Peranan teknologi informasi pada dunia bisnis memiliki dampak yang sangat signifikan bahkan bisa di bilang besar terhadap bisnis. Hal ini bisa dicontohkan sebagai transaksi bisnis yang tercatat dengan menggunakan sistem online, pengelolaannya yang dapat secara bersama-sama (real time).

Informasi atau hasil pengelolaan dapat terlihat oleh mata telanjang seperti halnya yang di gunakan para nasabah bank pada saat mereka menggunakan dan bertransaksi dengan menggunakan ATM atau Automated teller machine. Sekarang ini sebuah informasi yang di dapat dengan cara yang cepat sangatlah penting bagi setiap orang dalam kegiatannya berbisnis. Dengan adanya teknologi informasi pebisnis tidak akan terbatasi oleh waktu dan ruang tertentu.

Teknologi informasi sudah menjadi alat dalam setiap proses bisnis dalam sebuah perusahaan yang membuat semuanya menjadi cepat secara eksternal maupun internal. Teknologi informasi juga menjadi sebuah pemecahan masalah yang di hadapi oleh semua orang dan membantu manusia tersebut contohnya peningkatan produktivitas, meningkatnya efisiensi dan efektifitas serta meningkatnya mutu dan kreativitas. Masih ada banyak lainnya manfaat teknologi dalam kehidupan sekarang ini.