Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Perbaiki Bisnis? Perbaiki Diri Sendiri Dulu!

MAWABEJA.COM - Dalam dunia entrepreneurship, ada banyak teori dan kebenaran ketika menjalankannya. Ketika seorang pengusaha pemula memulai sebuah usaha, maka ia membutuhkan gagasan cemerlang sebelum mengujinya kepada para konsumen untuk menyesuaikan proses penjualan. Selain itu diperlukan pula penyikapan yang lebih mendalam dalam mengambil keputusan. Tak cukup sampai disitu, menganalisis setiap langkah agar tidak salah jalan juga adalah hal yang tak boleh dilupakan.

Jiwa kepemimpinan adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang pengusaha. Karena untuk membentuk bisnis yang dapat berkembang pesat, diperlukan orang lain atau karyawan untuk membantu setiap pekerjaan. Dengan demikian, setiap entrepreneur akan menjadi pemimpin untuk orang lain.

Namun terkadang, seorang entrepreneur terjebak dalam ide dan besarnya mimpi yang justru hanya menjadi angan-angan. Seringkali pengusaha, terutama yang masih pemula terjebak pada bayangan ilusi menjadi orang hebat, namun pada saat mengaplikasikan idenya justru lemah atau mandeg.

Oleh karena itu, selain action, maka jiwa kepemimpinan adalah hal penting yang dimiliki pengusaha. Jika seorang pengusaha pemula ingin mendirikan bisnis yang hebat dengan memimpin banyak orang, sebaiknya hal yang perlu dilakukan sebelumnya adalah dengan memastikan bahwa dirinya mampu memimpin dirinya sendiri.

Hal itu dikarenakan ada banyak pebisnis pemula yang gagal, ataupun terganggu bisnisnya bukan karena masalah teknis yang ada pada usahanya. Melainkan masalah pribadi pada diri sendiri yang menggagalkannya.

Pendiri dan CEO ONE, Michael Callahan menyarankan untuk para entrepreneur muda agar bisa mengendalikan dirinya dan pandai menyelesaikan masalah pribadinya terlebih dahulu sebelum berkutat dalam dunia entrepreneurship.

“Anda harus mempunyai kendali penuh pada diri Anda sendiri. Kemampuan Anda dalam mengendalikan bisnis termasuk yang terdiri dari orang lain akan sangat lemah bila Anda masih saja belum bisa mengusai diri sendiri,” kata Callahan.

Maka dari itu, bagi pengusaha pemula sebaiknya belajarlah dan tingkatkan dulu skill menguasai diri sendiri sebelum mengembangkan bisnis yang lebih besar dan berkembang.