Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Jenis Sakit Kepala Beserta Cara Mengatasinya

Kenali Jenis Sakit Kepala Beserta Cara Mengatasinya
MAWABEJA.COM - Sakit kepala ditandai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala yang ditimbulkan oleh adanya interaksi otak, pembuluh darah dan syaraf-syaraf di sekitarnya. Meskipun tidak selalu berbahaya, namun penyakit ini menimbulkan rasa sakit dan rasa nyeri yang sangat menganggu. Jika ingin mengatasi sakit kepala, sebaiknya kenali dulu jenis sakit kepala yang sedang dialami.

1. Sakit Kepala Tegang Otot (Tension Headache)
Sakit kepala jenis ini sering dialami oleh kebanyakan orang, yang ditandai dengan rasa nyeri yang tidak terlalu kuat dan menyakitkan. Pemicu sakit kepala tenggang otot biasanya disebabkan karena adanya pola makan tidak teratur, kurang tidur, stres, mengkonsumsi alkohol dan tegang otot.

Untuk mengatasi sakit kepala jenis ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang mudah ditemui di apotik seperti ibuprofen, aspirin, naproxen, dan acetaminophen.

2. Migrain
Migrain merupakan sakit kepala yang ditandai dengan adanya kepala berdenyut keras di salah satu sisi kepala. Dengan mengkonsumsi obat biasanya bisa menyembuhkan penyakit ini, namun jika kondisi sudah parah disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

3. Sakit Kepala Klaster (Cluster Headache)
Sakit kepala jenis ini ditandai dengan adanya rasa sakit seperti ditusuk-tusuk pada bagian mata dan akan membuat penderitanya mengalami rasa sakit yang luar biasa. Untuk mengobatinya memang cukup sulit yaitu dapat ditempuh dengan penghirupan oksigen dalam jumlah tinggi, injeksi obat triptan, suntikan lidocaine atau anestesi lokal.

4. Sakit Kepala Sinus
Sakit kepala sinus berhubungan dengan rasa sakit di bagian tubuh lainnya seperti dahi, tulang pipi, dan hidung. Biasanya sakit kelapa sinus muncul ketika penderitanya terserang flu, pilek, sinusitis dan reaksi alergi.

Sebenarnya, cara yang tepat untuk mengatasi semua jenis sakit kepala ini adalah dengan cara menghindari pemicunya tanpa mengkonsumsi obat-obatan yang berlebihan.