Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tepat Atasi Biang Keringat

Cara Tepat Atasi Biang Keringat

MAWABEJA.COM - Biang keringat atau dengan nama ilmiah miliaria merupakan kelainan kulit akibat tersumbatnya saluran kelenjar keringat. Hal tersebut mengakibatkan retensi keringat dengan gejala timbulnya vesikel-vesikel pada kulit. Rasa gatal yang luar biasa ditandai dengan bintik merah yang sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mungkin bagi sebagian orang biang keringat dianggap sepele dan tidak membutuhkan pengobatan, dibiarkan dengan sendiri maka akan sembuh. Namun anggapan tersebut salah, masalahnya jika dibiarkan akan mengalami peradangan pada kulit yang semakin parah.

Biang keringat terbagi menjadi tiga jenis. Cara mengatasi biang keringat berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Berikut penjelasannya:

1. Miliaria Kristalia
Biang keringat akibat sumbatan saluran kelenjar keringat di permukaan kulit atau distratum komeum pada lapisan kulit paling luar. Ditandai dengan gelembung kecil berisi cairan jernih dengan ukuran 1-2 mm (vesikel) dan mudah pecah dengan penekanan.

Umumnya tidak memberi keluhan. Pengobatan tidak diperlukan cukup dengan menghindari panas yang berlebihan, usahakan ventilasi yang baik, memakai busana dengan bahan yang menyerap keringat seperti bahan katun yang tipis. Kemudian mandi minimal 2 kali sehari dan tidak menggunakan air panas pada saat mandi.

2. Miliaria Rubra
Sumbatan terletak lebih dalam pada epidermis yang ditandai dengan papul merah dan sangat gatal serta perih. Di sekitar papul biasanya tidak terdapat keringat (anhidrosis). Milaria jenis ini terdapat pada orang yang tidak biasa pada pada daerah tropis.

Pengobatan yang dapat dilakukan dengan memberikan bedak salicyl 2% atau lotion calamine. Selain itu, diusahakan dapat mengatur regulasi suhu yang baik dengan penggunaan AC. Jika ada peradangan berikan krim kortikosteroid. Bila terjadi garukan atau luka dan infeksi sekunder dapat memberikan topikal ataupun antibiotik.

3. Miliaria Profunda
Jenis biang keringat ini ditandai dengan papul putih. Tidak merasa gatal biasanya timbul setelah miliaria rubra yang terjadi berulang kali. Pengobatan yang harus dilakukan yaitu dengan menghindari panas atau kelembaban yang berlebih.

Mengusahakan resolusi suhu yang baik dan pakaian yang tipis serta dan meresap keringat. Cara lainnya dapat memberikan lotion calamine dengan atau tanpa menthol, dapat pula resorsin 3% dalam alkohol. Perlu diketahui, dalam penggunaan lotion calamine penggunaannya minimal 2 kali dalam sehari dan dalam keadaan kulit bersih setelah mandi.