Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips untuk Entrepreneur Muda yang Sukses


MAWABEJA.COM - Mengawali bisnis dan menjalankannya sampai berhasil dan mempertahankannya agar tetap berjalan adalah hal yang tidak bisa dibilang mudah. Jatuh bangun dalam sebuah bisnis adalah hal yang lumrah dialami oleh para entrepreneur.

Untuk entrepreneur yang masih muda khususnya, setelah sekolah atau selepas kuliah ada yang memilih berjuang menjadi entrepreneur daripada kesana kemari melamar pekerjaan. Tampaknya keputusan menjadi entrepreneur muda memang pilihan yang tepat. Mengingat Indonesia sendiri masih membutuhkan banyak pengusaha baru yang sukses dan bisa memanfaatkan produk Indonesia.

Nah, bagi yang saat ini berbisnis dalam usia yang masih muda, berikut ini adalah 7 tips dari Malhayanti dan Hendry E Ramdhan yang ditulis dalam bukunya yang berjudul “99 Bisnis Anak Muda”.

1. Lihat kecenderungan diri
Banyak pilihan dalam mengawali bisnis, seperti bisnis jasa, pemikiran, penjualan dan bidang lainnya. Tetapi tidak semua itu akan cocok bagi setiap orang. Maka dari itu, memilih bidang yang ditekuni adalah hal yang harus dilakukan agar sesuai rencana yang diinginkan.

“Bila berbisnis sesuai dengan kecenderungan diri, pasti akan senang menjalankannya karena bisnisnya sesuai dengan jiwa pebisnis yang menjalani bisnisnya,” kata Malhayanti

2. Pertahankan motivasi dan jangan lupakan niat
Motivasi adalah hal yang penting dalam berbisnis, bila motivasi turun maka seharusnya bisa meningkatkan lagi dengan mengingat tujuan alias niat saat berbisnis. Motivasi yang bisa dijadikan adalah cinta, membahagiakan orang tua, ingin mandiri, memperbanyak pengalaman, dan sebagainya.

3. Kejujuran dan kepercayaan
Sifat jujur akan mempermudah mendapatkan kepercayaan dengan orang lain. Selain itu juga akan menjadi modal utama selain materi. Zaman sekarang ini, kejujuran seolah menjadi sifat yang langka dan jarang ditemukan namun begitu berharga.

4. Kreativitas beserta inovasi tanpa batas
Kreativitas saat berbisnis akan menjadi ciri khas dalam memulai bisnis, sedangkan dengan adanya inovasi yang terus menerus akan bisa mempertahankan bisnis ketika dijalani.

5. Promosi dalam pameran
Ajang pameran yang diselenggarakan dapat dimanfaatkan sebagai media promosi kepada masyarakat. Pameran biasanya tidak akan membutuhkan banyak biaya jika dibanding dengan memasang iklan. Mencantumkan kartu nama dalam pameran juga jangan sampai dilewatkan agar mudah untuk berkomunikasi nantinya.

6. Manajemen waktu yang efektif
Bisnis bukan berarti harus melupakan hal penting lainnya. Jangan pernah lupakan kewajiban agama, menjaga kesehatan, berkumpul bersama dengan keluarga dan kerabat dan juga hiburan. Jangan sampai bisnis membuat menghabiskan banyak waktu sampai melupakan hal yang tak kalah penting dan sering dianggap sepele.

7. Ketangguhan mental
Mental setangguh baja dibutuhkan bagi entrepreneur muda. Untuk melatih mental tentu dibutuhkan latihan yang rutin dan memperbanyak pengalaman.

Itulah tadi 7 tips bisnis bagi entrepreneur muda. Usia bukanlah penghalang dalam memulai bisnis, justru usia muda akan menjadi cara yang bagus karena bisa belajar lebih awal dan bisa lebih berpengalaman tanpa harus menunggu berhasil di usia dewasa atau tua.