Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Strategi untuk Memasuki Persaingan Pasar Internasional


MAWABEJA.COM - Suatu perusahaan tidak bisa hanya berdiri di pasar lokal atau domestik dan mengharapkan bisa mempertahankan pasarnya. Namun mereka seharusnya bisa memasuki pasar global atau Internasional.

Di zaman sekarang para pengusaha tidak hanya memiliki bisnis dalam negeri saja tetapi juga pasar internasional. Perusahaan yang memiliki pasar global dipercaya mampu memberikan tekanan pada biaya operasional dan mencapai kesuksesan pada produknya. Proteksi hanya dapat memperlambat adanya produk lainnya yang unggul dan pertahanan yang paling baik adalah memasuki pasar di seluruh dunia.

Memasuki pasar internasional juga memiliki resiko yang besar tetapi keuntungan yang besar pula yang disebabkan oleh fluktuasi mata uang yang tidak stabil dan juga pembiayaan komunikasi dan produk yang sangat mahal. Dalam artikel ini kami akan membahas Strategi Memasuki Pasar Internasional yang akan bermanfaat bagi anda.

Strategi pertama yang harus di lakukan pada Strategi Memasuki Pasar Internasional adalah dengan mengetahui lingkungan pemasaran internasional dan yang paling penting adalah sistem yang di gunakan dalam perdagangan internasional. Dalam mempertimbangkan pasar asing, harus mengetahui dan memperhatikan beberapa hal seperti hukum, ekonomi, budaya negara yang jadi tujuan pasar dan juga politik.

Strategi kedua yang harus di lakukan adalah perusahaan anda semestinya dapat mempertimbangkan proporsi dari penjualan di pasar Internasional untuk target total penjualannya, apakah anda akan berbisnis dalam beberapa Negara tertentu saja atau mungkin berbisnis dalam banyak Negara.

Strategi ketiga adalah memutuskan setiap pasar yang akan di masuki. Strategi ini memberikan keharusan penilaian terhadap besarnya keuntungan atau laba atas investasi yang dibandingkan resiko yang akan terjadi.

Dan untuk strategi keempat dan yang terakhir adalah perusahaan perlu memutuskan cara menembus pasar Negara lain yang menjadi target dan juga memberikan keputusan sejauh mana promosi, produk, distribusi dan harga yang sesuai dengan pasar asing tersebut.