Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Sukses Berbisnis bagi Pengusaha Pemula

MAWABEJA.COM - Menjadi pengusaha sukses bukanlah sesuatu yang mudah. Bahkan data menunjukkan bahwa tidak banyak bisnis yang dapat melewati usia tiga tahun pertamanya.

Untuk itu, mengetahui bagaimana seorang pengusaha bisa sukses dalam menjalankan usahanya merupakan sebuah informasi yang berharga. Oleh karenanya, inilah beberapa tips sukses jadi pengusaha bagi pemula.

1. Hindari memulai bisnis kecuali karena obsesi dan sesuatu yang dicintai.

2. Jika di awal-awal sudah memiliki exit strategy, hal itu menandakan bahwa bisnis yang dibangun dan dijalankan bukanlah sebuah obsesi.

3. Rekrut orang-orang yang menyukai bekerja di perusahaan yang sedang dikelola.

4. Ketahui bagaimana cara perusahaan akan menghasilkan uang dan ketahui pemasarannya.

5. Ketahui bagaiman kompetensi utama dan fokuslah hingga melahirkan sesuatu yang luar biasa. Jika dirasa perlu, sebaiknya pekerjakan orang yang mampu mendorong meningkatkan kompetensi tersebut.

6. Orang yang menyukai pekerjaannya, mereka dapat dengan mudah menemukan cara untuk menggunakan waktu sebaik mungkin dalam pekerjaan.

7. Bukalah sebuah kantor yang mampu menjaga semua orang selaras dengan apa yang sedang dialami. Tidak ada privasi di perusahaan pemula, jika ada karyawan yang meminta privasi, tunjukkan bahwa mereka berhak mendapatkannya.

8. Ketahuilah mengenai apapun jika itu mengenai teknologi dan perkembangan perusahaan sekalipun dengan biaya yang tidak murah.

9. Biarkan organisasi flat (tidak ada hierarki), karena jika ada manajer yang melapor ke manajer lainnya dalam organisasi perusahaan pemula maka akan membangun sebuah masalah politik.

10. Tanda kegagalan untuk pengusaha pemula adalah ketika seseorang memakai nama perusahaannya untuk produk yang dijual.

Itulah beberapa cara mengenai tips sukses jadi pengusaha pemula yang perlu diterapkan jika ingin membuat bisnis yang sedang dijalankan berkembang dengan baik.