Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xirrus Wi-Fi Inspector, Aplikasi Untuk Analisis Dan Atasi Masalah Jaringan Wi-Fi

MAWABEJA.COM - Jika Anda mencari tool yang dapat menganalisis dan memecahkan masalah jaringan Wi-Fi Anda, Xirrus Wi-Fi Inspector adalah aplikasi yang patut Anda coba. Ini adalah perangkat lunak gratis yang kuat untuk memantau jaringan Wi-Fi.

Anda dapat memonitor jaringan Wi-Fi pada laptop Anda dengan mudah dengan bantuan freeware ini. Dengan Xirrus Wi-Fi Inspector Anda bisa mendapatkan informasi rinci tentang jaringan Wi-Fi, dapat memanajemen sambungan Wi-Fi pada laptop Anda dan juga dapat memecahkan masalah koneksi Wi-Fi.

Ada banyak fitur yang berhubungan dengan Xirrus Wi-Fi Inspector. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
  • UI yang sederhana sehingga mudah dipahami dan digunakan
  • Radar yang dinamis untuk menunjukkan jaringan Wi-Fi dan jarak
  • Anda bisa mendapatkan informasi rinci tentang semua jaringan lokal
  • Untuk mengatasi masalah tiga jenis uji, Connection, Speed dan Quality
  • Real time grafik kekuatan sinyal
  • Anda dapat langsung menghubungkan dan memutuskan koneksi Wi-Fi
  • Anda dapat Aktifkan/ Nonaktifkan adaptor Wi-Fi
  • Penggunaan Xirrus Wi-Fi Inspector
Ada beberapa skenario di mana Anda dapat menggunakan software ini:

1. Dapat mencari jaringan Wi-Fi menggunakan Xirrus Wi-Fi Inspector
2. Memecahkan masalah jaringan Wi-Fi
3. Mencari perangkat Wi-Fi
4. Verifikasi jangkauan Wi-Fi
5. Mendeteksi AP nakal

Bagaimana memonitor jaringan Wi-Fi bekeerja dari aplikasi ini? Cukup sederhana untuk memahami dan menggunakannya. Jika Anda dapat melihat UI perangkat lunak maka Anda akan menemukan bahwa ada empat blok di atas di bawah menu Home meninggalkan Help block. Penjelasan rinci tentang setiap blok dan pilihan terkait diberikan di bawah ini:

1. Layout:
Pilihan yang dapat Anda temukan di bawah Layout adalah sebagai berikut:
  • Radar: Radar berisi tampilan dinamis dari jaringan Wi-Fi di daerah setempat. Anda dapat melihat dot yang sesuai dengan jaringan Wi-Fi tertentu dengan nama ditampilkan dalam lingkaran radar. Anda juga dapat melihat jarak jaringan dari pusat Radar tergantung pada kekuatan sinyal Wi-Fi. Ini akan membantu Anda untuk memonitor Wi-Fi.
  • History and Networks: Setelah Anda mengklik opsi ini, ia akan menampilkan semua jaringan dengan arus kekuatan sinyal jaringan. Di sini Anda dapat melihat semua informasi yang berhubungan dengan jaringan seperti Jaringan Mode, Frekuensi dll.
  • History: ini akan menunjukkan kekuatan sinyal saat koneksi Wi-Fi yang aktif.
  • Networks: Jaringan hanya akan menampilkan keseluruhan jaringan dan informasi yang terkait.
  • Show All: Ketika Anda mengklik pada “Show All”, maka akan ditunjukkan Radar Anda, Connection, Jaringan dan Kekuatan Sinyal bersama dalam satu jendela utama tunggal. Di sini jendela ‘Connection’ menunjukkan rin-cian saat koneksi Wi-Fi yang mencakup informasi Wireless dan informasi alamat.
2. Tests :
Xirrus Wi-Fi Inspector telah mendapat tiga built-in tes yang dapat membantu Anda saat pemecahan masalah dan karakteristik koneksi Wi-Fi. Segera setelah Anda mengklik salah satu dari tiga Connection tests ini, Kecepatan dan Kualitas, itu akan membawa Anda ke halaman relatif mereka dan menunjukkan hasil tes. Ini sangat baik yang akan membantu Anda untuk memonitor Wi-Fi dan mendiagnosa jika beberapa masalah terjadi.

3. Polling:
Polling digunakan untuk menentukan informasi terbaru dari jaringan lokal. Nilai default adalah 5 detik, tetapi jika Anda ingin mendapatkan polling langsung Anda dapat menggunakan tombol Refresh. Anda dapat menghentikan polling dengan meng-klik pada tombol Stop.

4. Settings:
Untuk mengubah pengaturan aplikasi, klik pada tombol Settings dari menu. Segera setelah Anda selesai dengan pengaturan klik OK. Anda juga dapat mengekspor jaringan saat ini ke file.csv dengan mengklik ‘Export Networks”.

Persyaratan
Ada beberapa persyaratan yang harus diingat sebelum memulai menggunakan aplikasi ini. Ini adalah sebagai berikut:
  • Sistem operasi yang didukung: Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP SP2.
  • Adapter Wi-Fi harus baik (built in atau eksternal).
  • Anda harus memiliki Adobe Flash Player diinstal pada sistem Anda untuk menjalankan tes kecepatan.
  • Microsoft.Net Framework 2.0 atau yang lebih baru.
Xirrus Wi-Fi Inspector adalah sebuah software yang bagus yang memungkinkan pengguna untuk memantau jaringan dan mendapatkan informasi rinci tentang masing-masing. Bila Anda tertarik, cukup kunjungi halaman http://www.xirrus.com/Products/Free-Tools untuk men-download freeware ini.