Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayur Bayam, Si Hijau untuk Cantik Alami

Sayur Bayam, Si Hijau untuk Cantik Alami
MAWABEJA.COM - Bayam merupakan sayuran dengan ciri khas warnanya hijau tua dan biasa tumbuh di ladang. Sayur ini juga dikenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi. Tak hanya itu, baik mineral, antioksidan dan vitamin juga terkandung dalam bayam.

Kalau umumnya bayam ini sudah populer dengan khasiatnya bagi kesehatan tubuh, ternyata sayur hijau kesukaan tokoh kartun “Popeye” ini juga menyimpan manfaat lho bagi kecantikan. Mau tahu? Yuk check!

  • Mengatasi Jerawat
  • Bayam mengandung vitamin A dan C serta antioksidan yang dipercaya bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

    Tak hanya itu, kandungan tersebut bisa juga membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Caranya mengaplikasikannya bisa dengan membuat jus, dijadikan salad, atau dipakai sebagai masker alami.

    Nah, untuk membuat masker alami dari bayam ini, cara membuatnya adalah dengan cara menyiapkan bayam yang masih segar, dihaluskan dengan cara ditumbuk halus dan ditambahkan air.

    Setelah itu aplikasikan ke wajah selama kurang lebih 15 menit. Kalau sudah, dilanjutkan dibilas dengan air. Masker ini akan bisa mengatasi minyak di kulit, mendinginkan, membersihkan kotoran dan mengatasi peradangan di kulit.

  • Merangsang Tumbuhnya Rambut
  • Vitamin B, C, E, kalium, kalsium, zat besi, magnesium dan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam bayam adalah nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut.

    Tak cukup sampai disitu, zat besi dalam bayam akan bisa mengikat O2 dalam darah merah lalu mendistribusikan ke dalam folikel rambut yang berfungsi untuk memberikan nutrisi untuk rambut.

  • Mencegah Penuaan Kulit
  • Zat besi dan antioksidan dalam bayam akan berfungsi untuk mengatasi radikal bebas. Radikal bebas apabila tak diatasi bisa merusak kulit sehingga memicu penuaan dini.

  • Tabir Surya Alami
  • Sinar matahari yang menyengat saat siang hari bisa memperburuk kondisi kulit. Oleh karena itu, bayam mempunyai kandungan vitamin B yang akan membantu melindungi kulit dari paparan cahaya panas dari matahari.

    Sayuran adalah nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Namun, selain sehat, sayuran seperti bayam juga nyata berguna bagi kecantikan.