Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Sayuran Kaya Protein yang Sehat untuk Diet

Jenis Sayuran Kaya Protein yang Sehat untuk Diet

MAWABEJA.COM - Makanan sehat merupakan makanan yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satu jenis makanan yang sehat dan baik bagi kesehatan ialah makanan yang kaya akan kandungan protein. Selain karbohidrat, protein adalah nutrisi kedua terpenting yang dibutuhkan tubuh karena dijadikan sebagai energi pengganti karbohidrat. Tentunya makanan yang berprotein akan cocok untuk orang yag menjalankan program diet.

Kandungan protein dalam makanan biasanya ditemukan dalam daging, ikan atau kacang-kacangan. Tetapi bukan berarti sayuran tidak tinggi protein. Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung banyak protein, diantaranya adalah:

Kedelai
Kedelai dikenal dengan asupan protein yang tinggi dan biasa dijadikan sebagai bahan tempe dan tahu. Bagi yang alergi kasein dan laktosa susu hewan, mengonsumsi susu kedelai sebagai pengganti protein hewani adalah solusi yang tepat. Selain susu kedelai, merebus kedelai kemudian dimakan sebagai camilan juga bisa dilakukan.

Kacang
Sumber protein nabati yang bagus adalah kacang. Meskipun ada banyak jenis, kacang merah dan kacang lentil merupakan jenis kacang yang mengandung banyak asam amino essensial seperti halnya lisin dan isoleusin. Sementara itu, kacang hijau juga kaya protein dan serat.

Brokoli
Brokoli menyimpan kandungan antioksidan dan juga serat alami yang mampu menangkal radikal bebas. Sayur hijau yang memiliki bentuk mirip pohon ini juga mengandung protein.

Bayam
Bayam dikenal dengan sayuran kesukaan dari tokoh kartun Popeye dan membuatnya sangat kuat apabila mengonsumsinya. Hal itu memang cukup masuk akal, karena bayam kaya kandungan serat dan zat besi yang baik untuk darah. Yang pasti bayam merupakan sayur yang berprotein tinggi.

Itulah beberapa jenis sayuran yang mengandung protein yang dapat dijadikan daftar menu sayuran untuk diet. Sayuran yang sehat akan membantu program diet yang dijalani.