Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Penyebab dan Gejala Sakit Asma

Inilah Penyebab dan Gejala Sakit Asma
MAWABEJA.COM - Penyakit asma disebabkan karena terjadinya penyempitan dan gangguan keluar masuknya udara akibat saluran pernapasan yang sangat sensitif terhadap faktor-faktor tertentu. Mulai dari faktor dari dalam hingga faktor dari luar. Biasanya, penyakit ini bersifat sementara dan bisa menyerang sewaktu-waktu.

Sebenarnya, penyebab penyakit asma belum diketahui secara pasti namun beberapa ahli mengatakan bahwa ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penyakit ini. Untuk mengetahui selengkapnya, mari simak informasi di bawah ini:

A. Faktor dari Dalam

Penyakit Turunan
Penyakit asma merupakan salah satu penyakit turunan yang diwariskan oleh anggota keluarga pengidap penyakit asma ini.

B. Faktor dari Luar

1. Lingkungan
Penyakit ini bisa ditimbulkan karena lingkungan yang berdebu, kotor dan kurang nyaman. Orang yang mengidap penyakit ini juga harus dijauhkan dengan benda dan hewan yang mempunyai bulu.

2. Makanan dan Minuman
Makanan yang mengandung bahan pengawet, MSG tinggi, pewarna serta minuman yang bersifat dingin dapat memicu terjadinya penyakit asma.

3. Udara Dingin
Udara dingin juga merupakan salah satu pemicu penyakit asma, oleh karena itu para penderita penyakit asma disarankan untuk menggunakan jaket ketika mengendarai motor di malam hari.

Setelah mengetahui beberapa penyebab penyakit asma di atas, berikut ini juga akan disebutkan tentang gejala penyakit asma :
  1. Proses pernapasan menjadi pendek
  2. Ketika bernafas terdapat bunyi leguhan
  3. Terasa sesak ketika bernapas karena adanya penyempitan saluran
  4. Susah bernafas
Jika mengalami gejala seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, segera periksa dan konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusi serta penanganan yang tepat. (health)