Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 6 Fungsi Serat yang Utama untuk Tubuh Manusia

Inilah 6 Fungsi Serat yang Utama untuk Tubuh Manusia

MAWABEJA.COM - Fungsi serat yang umunya dikenal oleh masyarakat luas adalah untuk melancarkan buang air besar. Namun, faktanya fungsi serat bukan itu saja. Sebenarnya, apa sih serat itu? Serat merupakan susunan karbohidrat yang bersifat resisten pada proses pencernaan serta penyerapan di usus halus dan mengalami proses fermentasi di usus besar. Sedangkan susunan karbohidrat yang terdapat pada serat, lebih sering berasal dari tumbuh-tumbuhan, semisal sayuran dan buah.

Serat sendiri digolongkan menjadi dua bagian, yaitu serat larut dan serat tak larut. Penjelasan silahkan baca dibawah ini:

Serat larut

Biasanya berasal dari biji-bijian, seperti gandum serta buah-buahan sepeti melon, jeruk, dan semangka yang berwarna merah. Serat larut ini akan terbentuk menyerupai agar-agar ketika dilarutkan ke dalam air. Serat larut berperan dalam memperlambat proses penyerapan gula serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

Serat tidak larut

Serat yang satu ini kebanyakan terdapat pada kulit, seperti kulit kentang, apel, gandum, kerang, jambu, dan apel. Serta terdapat pada sayuran terutama sayur bayam dan sayur kangkung. Serat tidak larut memiliki struktur yang tebal dan kasar juga tidak dapat larut dalam air. Hal ini menyebabkan penimbunan dalam saluran pembuangan, dan inilah yang menyebabkan feses lebih menggumpal.

Serat dapat membantu anda yang ingin menjalankan diet yang sehat. Hormone yang dapat menekan nafsu makan atau disebut dengan cholecystokinin (CCK) dihasilkanoleh serat. Maka dengan anda sering mengonsumsi serat, anda akan merasakan kenyang yang lebih lama dengan konsumsi makanan dalam jumlah sedikit.

Fungsi Serat Bagi Tubuh Manusia

1. Penurun nafsu makan bukan menghilangkan
Sistem kerja fungsi serat kali ini adalah ketika makanan yang kita konsumsi meski dalam jumlah yang sedikit apabila diimbangi dengan serat maka ketika masuk ke dalam tubuh, serat akan memperbesar volume makanan tersebut, sehingga akan memberikan anda efek kenyang.

2. Sebagai penyeimbang gula darah
Saat proses pencernaan berlangsung, air yang berasal dari cairan di dalam tubuh atau dari yang di konsumsi, sebagian akan di serap oleh serat hingga membentuk gel. Gel ini lah yang selanjutnya berperan melambatkan pengosongan perut serta waktu transit pada pencernaan dan melindungi karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Sehingga penyerapan gula akan diperlambat.

3. Menurunkan resiko penyakit jantung
Dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat, namun sayangnya kolesterol baik pun akan ikut berkurang.

4. Mengurangi resiko diabetes
Dengan cara menyeimbangkan kadar gula yang masuk di dalam pembuluh darah.

5. Memperlancar buang air besar
Dengan cara melancarkan jalannya makanan yang diproses pada pencernaan.

6. Mencegah resiko kanker usus
Apabila kita mengonsumsi makanan dan di sertai dengan serat makan proses fermentasi terhadap makanan yang kita konsumsi tadi akan lebih cepat dan akan menghasilkan asam lemak yang mudah larut. Hal ini akan memberikan keseimbangan pada ph pencernaan.

Apabila kekurangan serat maka akan mengakibatkan:

Penyakit gula. Serat dapat mengurangi resiko penyakit gula hingga 25%.

Terjadi hemorrhoids. Yaitu keadaan dimanapembuluh vena yang berada di sekitar anus akan mengalami pembengkakan ketika mengejan saat buang air besar.

Terjadi IBS atau irritable bowel syndrome. Merupakan masalah perut yang terjadi karena tingkat sensitif yang tinggi pada otot-otot perut terhadap suatu jenis makanan tertentu. Hal ini akan menyebabkan kram pada perut, kembung, sering kentut dan susah buang air besar. Namun masalah perut ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah-buahan, dan hindari stress.

Berikut daftar makanan yang di dalamnya terkandung serat:
  • Papaya
  • Sayuran hijau
  • Alpukat
  • Beras merah
  • Oatmeal
  • Jagung
  • Brokoli
  • Olahan gandum
  • Tomat
  • Kacang-kacangan
  • Apel
Demikianlah ulasan singkat tentang Fungsi Serat.