Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Bahan Dari Laut Yang Membuat Awet Muda

Inilah 4 Bahan Dari Laut Yang Membuat Awet Muda

MAWABEJA.COM - Sejak dulu, bahan-bahan dari laut dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Semua unsur laut bisa digunakan karena makanan dari laut itu semuanya halal sehingga dekat dengan kesehatan dan kecantikan. Bahan-bahan dari laut seperti spirulina atau ganggang, gamat atau teripang, rumput laut dan garam laut memberikan manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah menjadikan wajah awet muda. Benarkah?

Gamat atau Teripang
Gamat memiliki kandungan polisakarida yang merupakan antioksidan paling tinggi. Polisakarida ini berfungsi untuk menghasilkan kolagen yang berfungsi untuk menggantikan sel-sel kulit mati sehingga dapat digunakan untuk peremajaan. Pada gamat terdapat cell growth factor yaitu faktor pertumbuhan atau meregenerasi sel. Keistimewaan gamat adalah mengandung semua asam amino, mineral dan vitamin, kecuali vitamin K. Gamat mengandung lebih dari 50 jenis nutrien seperti protein 86,8 persen, lemak, gula, vitamin B1 dan B2, acid nikotinik, antiseptik alamiah, kolagen 80 persen, chondroitin, trace mineral, omega-3, 6 dan 9, serta mukopolisakarida, glucosaminoglycans, antikanker alamiah dan gamapeptide.

Spirulina
Spirulina adalah ganggang renik (mikroalga) yang berwarna hijau kebiruan, yang kaya akan asam amino esensial, vitamin, mineral dan karotenoid. Spirulina memiliki zat warna cyanophysin. Warna hijau yang terdapat dalam spirulina menunjukkan kadar kandungan klorofil yang berfungsi sebagai pencuci toksid dalam tubuh. Warna biru menunjukkan adanya Fe yang dibutuhkan untuk pembentukan darah.

Spirulina kaya kandungan phyocyanin, yaitu pigmen pemberi warna biru yang tinggi protein. Manfaatnya adalah mendukung pertumbuahan tubuh dan sel otak anak, sebagaii antioksidan, antiradang, dan pelindung sel otak. Spirulina juga kaya sumber selenium dan gamma linoleic acid atau asam lemak yang menjaga fungsi hati dan membantu pembentuakn darah.

Kandungan paling tinggi pada spirulina atau ganggang biru adalah asam amino yang memiliki fungsi antioksidan yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan gamat. Asam amino menghasilkan kolagen untuk menggantikan sel-sel kulit yang mati sehingga akan terjadi peremajaan kulit.

Rumput Laut
Rumput laut merupakan jenis organisme laut yang dikenal sebagai alga mikroskopik. Berdasarkan pigmen yang dikandungnya, rumput laut dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu Chlorophyceae (ganggang hijau), Rhodopyceae (ganggang merah), Phaeopyceae (ganggang cokelat), dan Cyanophyceae (ganggang hijau kebiruan). Rumput laut mengandung vitamin A dan B12, kalsium, zat besi, kalium dan iodium. Rumput laut juga kaya akan serat yang mudah diserap oleh tubuh. Juga zat antioksidan alami yang disebut dengan lignan yang dapat membuat awet muda. Pada rumput laut, kandungan yang paling tinggi adalah mineralnya.

Garam Laut
Kandungan yang paling tinggi pada garam laut adalah mineral seperti iodium. Manfaat garam laut untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan mineral pada garam laut seperti kalsium, potasium, magnesium, dan sulfat bisa membuat kulit sehat dan segar. Mandi dengan garam laut bisa menghilangkan stres serta mengurangi ketegangan dan tekanan pada saraf dan memberikan suplai ion positif pada tubuh. Selain menghilangkan stres, kulit akan terlebih lebih cerah dan bersinar. Terapi garam laut dapat dilakukan satu menit sebelum mandi.