Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Ramuan Mujarab untuk Mengobati Masuk Angin

Inilah 3 Ramuan Mujarab untuk Mengobati Masuk Angin

MAWABEJA.COM - Masuk angin adalah suatu penyakit yang disebabkan karena perkumpulan gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk angin diyakini menjadi penyakit yang real atau nyata, namun belum ada yang mendukung untuk klaim ini. Masuk angin mirip dengan influenza karena gejala dan penyebabnya sangat sama, masuk angin biasanya dianggap mitos dalam dunia kedokteran tetapi banyak sekali yang menderita masuk angin.

Penyebab Dari Masuk Angin
Penyebab utama dari masuk angin adalah udara dingin yang berlebihan misalnya bermain hujan-hujanan, terlalu lama di ruangan yang ber-ac. Penyebab lainnya adalah terlalu banyak tertawa, salah makan, kurangnya kentut, dan juga terlalu lelah, samua terjadi di masa pergantian musim kemarau dan penghujan atau sebaliknya. Di masa pergantian musim itu seringkali angin bertiup kencang, angin sering disalahkan karena masuk tubuh tanpa permisi dan dapat menyebabkan badan terasa tidak enak.

Saat dimusim bukan pancaroba pun angin tidak diundang sering kali singgah di tubuh orang yang sering begadang, kurangnya tidur, atau kurang istirahat, saat pagi hari ketika bangun penderitanya jadi tidak enak badan. Masuk angin sebenarnya merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat gabungan kelelahan fisik, terlambatnya makan, kurang istirahat, dan banyak pikiran atau stress.

Dari tiga gejala tersebut terjadilah pembentukan gas yang berlebihan di area lambung dan usus lalu mulas dan diikuti mual dan muntah inilah yang disebut dengan masuk angin. Cuaca dingin dapat menyebabkan rambut-rambut sel di saluran pernapasan mejadi lambat bergerak, sebenarnya mereka berfungsi untuk mengeluarkan lendir, bakteri, dan virus, karena inilah seseorang menjadi rentan terkena infeksi seperti batuk, pilek, dan lain-lain.

Perihal perut terasa kembung terisi oleh gas, biasa terjadi karena cuaca dingin yang menyebabkan gas yang tertampung di lambung atau saluran cerna, sehingga perut terasa kembung dan penuh (begah) dan akhirnya perut terasa tertekan oleh gas dan menyebabkan rasa mual dan menekan nafsu makan.

Gejala Masuk Angin
  • Tubuh terasa tidak nyaman
  • Selalu merasa kedinginan terutama di bagian ujung jari kaki dan jari tangan
  • Sering cegukan
  • Perut terasa kembung
  • Mudah sekali lelah atau capek
  • Seringnya mengantuk karena kurangnya tidur
  • Pilek
  • Demam yang tiba-tiba datang
  • Susah untuk mengeluarkan gas dari lubang pantat ataupun sendawa
  • Nafsu makan yang berkurang.
  • Kepala terasa pusing
  • Diare
  • Sering pegal pegal
  • Tenggorokan terasa sakit

Obat Masuk Angin

1. Bawang Merah
Bahan: Bawang merah dan kapur sirih
Cara pemakaiannya: Kupas bawang merah, parut, dan tambahkan sedikit air yang sudah dcampur kapur sirih lalu campur ramuan sambil diremas-remas. Balurkan ramuan tersebut pada bagian punggung, tengkuk, perut dan kaki.

2. Minyak Kayu Putih dan Madu
Bahan: Minyak kayu putih 10 tetes, 1/2 gelas air panas, dan madu murni 1 sendok.
Cara pemakainnya: Seduh minyak kayu dan madu dengan air panas. Lalu minum ½ gelas selama 1-2 kali sehari, diminum saat hangat.

3. Cengkeh dan serai
Bahan: Minyak cengkeh dan minyak serai, madu 1 sendok makan, dan air panas ½ gelas.
Cara pemakaian: Minyak cengkeh atau minyak serai diseduh semua bahan dengan setengah gelas air panas. Lalu minum saat hangat 1-2 kali dalam sehari.

Masuk angin bukan penyakit serius, tetapi bisa menjadi sebuah indikator atau gejala dari penyakit yang mengancam nyawa. Oleh sebab itu apabila demam yang dirasa berbeda dengan demam yang Anda rasakan saat masuk angin seperti biasanya, lebih baik mengantarkan diri ke dokter untuk diberi penanganan medis yang lebih jelas.