Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Digigit Serangga? Obati dengan Bawang Putih dan Pepaya

Digigit Serangga? Obati dengan Bawang Putih dan Pepaya

MAWABEJA.COM - Gigitan serangga atau insect bite adalah serangan yang dilakukan oleh beraneka ragam serangga karena merasa dirinya terganggu, seperti tawon, lebah, dan semut api. Kulit yang tidak terlapisi pakaian menjadi sasaran empuk amukan para serangga yang berkeliaran.

Setelah korban tersengat, biasanya akan timbul efek seperti rasa nyeri, kemerahan, bahkan terkadang bisa menimbulkan reaksi alergi. Reaksi tersebut terjadi karena racun atau zat lain yang dilepaskan ke dalam tubuh korban mulai bereaksi dalam darah sehingga menimbulkan gejala seperti demikian.

Tingkat keparahan reaksi setelah digigit atau disengat serangga berbeda, tergantung ketahanan sistem tubuh terhadap racun yang dilepaskan oleh gigitan serangga tersebut. Terkadang juga dipengaruhi oleh seberapa sering korban terkena gigitan atau sengatan serangga.

Pada beberapa kasus, ada yang mengalami reaksi alergi parah (anafilaksis) terhadap infeksi racun dari serangga. Beberapa tanda atau gejala dari reaksi alergi parah misalnya:
  • Ruam.
  • Pembengkakan pada bagian tubuh yang tersengat.
  • Mual dan sakit perut.
  • Sesak napas.
  • Sirkulasi darah tidak lancar.
  • Tekanan darah menurun.
Gejala tersebut dapat disebabkan oleh gigitan semut api dan kalajengking atau sengatan lebah dan tawon. Beberapa hewan yang membawa racun dalam jumlah banyak terkadang membuat korban terkena penyakit seperti virus West Nile atau penyakit Lyme.

Pertolongan Pertama
Berikut bentuk pertolongan pertama sehabis digigit atau disengat serangga:

1. Sentil atau buang serangga atau lebah yang menyengat apabila masih menempel pada kulit. Tindakan ini akan membantu mengurangi jumlah racun yang dilepaskan serta dampak buruk dari sengatan tersebut.
2. Kulit yang terkena gigitan harus segera dicuci dengan air dan sabun antiseptik.
3. Kompres dengan kain yang telah dicelupkan pada air es, atau balut es batu dengan kain kemudian tempelkan pada kulit yang terkena sengatan. Ini akan membantu mengurangi rasa nyeri, sakit, dan pembengkakan.
4. Minum obat pereda nyeri, seperti parasetamol atau ibuprofen.
5. Oleskan salep khusus pereda gatal dan nyeri yang Anda dapatkan dari apotek terdekat.
6. Minum obat antihistamin yang mengandung diphenhydramine (contohnya Benadryl), chlorpheniramine maleat (CTM), cetirizin dan lain-lain. (Dikutip dari Mediskus)

Obat Tradisional Digigit Serangga

Sebetulnya bengkak atau rasa nyeri yang ditimbulkan setelah Anda tersengat serangga dapat hilang dalam waktu 2 sampai 3 hari. Untuk mempercepat proses peredaan reaksi alergi atau lainnya, butuh bantuan lain seperti obat tradisional akibat gigitan serangga.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung zat enzim yang dapat mengatasi peradangan (inflamasi) akibat senyawa. Zat ini bekerja efektif dalam menangani luka bengkak akibat gigitan serangga.

Yang Anda butuhkan hanya satu siung bawang putih, kemudian iris atau parut atau geruskan. Kemudian lakukan pengobatan dengan menempelkan tiap iris atau potong bawang putih pada kulit yang terdapat luka bekas gigitan. Lakukan sehari tiga kali hingga merasakan hasil terbaik.

Pepaya
Buah pepaya berdaging empu dengan warna oren ini bisa membantu melancarkan BAB Anda, serta memulihkan segala jenis kemacetan pada saluran pencernaan. Pada pemakaian luar, pepaya bisa dijadikan masker wajah. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengobati luka bekas gigitan serangga.

Ambil daging buah semangka secukupnya, kemudian tumbuk atau blender hingga halus namun pekat. Balurkan pada kulit yang terkena luka gigit, diamkan selama satu jam kemudian bersihkan. Terus lakukan pengobatan hingga merah dan bengkak berkurang.

Obat digigit serangga lainnya dengan es batu, hanya butuh dikompres dengan es atau dibalut pakai kain. Semoga berhasil!