Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Agar Lebih Berisi

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Agar Lebih Berisi

MAWABEJA.COM - Makan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk menjaga kondisi kita. melalui makanan, kita akan mendapatkan energi dari pembakaran beberapa zat yang terkandung didalam makanan yang kita santap. Karena itulah, makan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, apa jadinya jika kita merasa tidak selera untuk makan? Padahal sudah sangat jelas jika makan merupakan hal yang sangat penting bagi kita.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut akan kami berikan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan.

1. Temulawak

Tips yang pertama adalah dengan membuat ramuan temulawak. Temulawak merupakan salah satu jenis rempah yang banyak bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yang paling mencolok adalah dapat merangsang munculnya nafsu makan.

Anda dapat membuat ramuan temulawak dengan cara memarut temulawak yang sudah dikupas sebanyak 30 gram kemudian campurkan dengan 3 sendok makan air. Aduk hingga rata kemudian peras dan tampung air perasannya. Tambahkan satu sendok teh gula aren kedalam sari temulawak lalu aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari dan rasakan manfaatnya.

2. Daun Kenikir

Tips kedua yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan adalah dengan mengkonsumsi daun kenikir. Daun tumbuhan kenikir biasa tumbuh dipedesaan ketika musim hujan. Jika anda hidup didaerah kota, anda bisa menemukannya dipasar tradisional.

Daun ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Dari segi manfaat, daun kenikir banyak berguna untuk menghilangkan bau badan. Tak hanya itu saja, daun kenikir ternyata juga mampu meningkatkan nafsu makan . Anda hanya perlu mengkonsumsinya dalam bentuk lalap. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar dapat terbebas dari kuman.

3. Olahraga

Kegiatan olahraga merupakan kegiatan yang mampu membakar kalori dalam tubuh. Ketika kalori kita terbakar, nafsu makan kita akan terangsang. Ketika itulah anda akan merasa sangat lapar dan ingin makan. Nah, oleh sebab itu jika anda ingin meningkatkan nafsu makan, berolah raga-lah secara teratur.

4. Hindari minum sebelum makan

Menurut penelitian, minum sebelum makan akan menyebabkan nafsu makan kita akan cenderung menurun. Apalagi jika anda minum dalam jumlah yang diatas rata-rata. Ketika itu, anda akan merasa tidak selera saat hendak makan nasi atau roti. Jadi, biasakan untuk minum ketika sehabis makan. Jika memang sudah terbiasa untuk minum sebelum makan, minumlah dalam porsi yang sedikit dan tidak berlebihan.

5. Konsumsi Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang banyak berperan dalam meningkatkan nafsu makan kita. Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin tersebut, anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B. Contoh makanan yang kaya akan kandungan vitamin B adalah Sayur dan ikan.

6. Zinc

Ketika seseorang kekurangan zinc, makanan yang ia makan akan terasa hambar. Hal itu kemudian akan membuat selera makan mereka menjadi berkurang. Nah, jika anda merasa kurang nafsu makan ada kemungkinan anda sedang kekurangan kandungan zinc. Untuk mengatasi hal tersebut, konsumsilah makanan yang banyak mengandung zinc agar nafsu makan anda senantiasa terjaga.

Demikian beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika sedang mengalami kurang nafsu makan. Cara diatas sudah terbukti secara keampuhannya. Selamat mencoba !