Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Semangka Bisa Haluskan Kulit

Buah Semangka Bisa Haluskan Kulit
MAWABEJA.COM - Buah semangka yang berbentuk bulat dengan daging berwarna merah atau kuning memang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang segar sebagai penghilang dahaga, buah semangka mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan likopen serta beberapa vitamin seperti vitamin A dan C dapat membantu mempertahankan kecantikan kulit.

Beberapa fungsi yang terkandung dalam satu buah semangka diantaranya vitamin A untuk kesehatan kulit, antiaging, antioksidan, fumgsi penglihatan mata, reproduksi dan imunitas. Vitamin C untuk kolagen, antioksidan dan regenerasi sel.

Vitamin B2 dan B6 untuk neutropik. Vitamin B1 dan B6 juga membantu pencernaan protein artinya ketika mengonsumsi protein kemudian mengonsumsi semangka, maka proses pencernaan potein tersebut menjadi lebih sempurna.

Daging semangka juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Kulit semangka mengandung sitrulin yang fungsinya berubah menjadi arginin. Sitrulin mengaktifkan suatu enzim untuk mencegah sel lemak di dalam tubuh.

Semakin merah semangka, maka akan semakin banyak kandungan vitamin A di dalamnya dan bermanfaat bagi kesehatan dan kelembaban kulit. Usahakan juga untuk mengonsumsi daging semangka dengan lapisan putih setelah kulitnya. Tidak hanya kulit dan daging, biji semangka juga kaya akan zat besi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Jika Anda ingin mengonsumsi semangka demi kecantikan dan kesehatan kulit, disarankan langsung tanpa pengolahan. Karena bila dijus, kadar gulanya menjadi lebih tinggi sebab dagingnya lebih sederhana. Sehingga vitaminnya akan lebih sedikit dibanding dikonsumsi utuh. Berdasarkan kandungan gizinya, dianjurkan untuk mengonsumsi satu cup atau satu potong.

Selain dikonsumsi langsung, semangka dapat digunakan dalam bentuk masker. Semangka mengandung 90 persen air otomatis baik untuk kulit ketika dehidrasi. Di dalam semangka terkandung vitamin C, tetapi kurang protein. Sedangkan protein baik untuk kulit. Untuk hasil maksimal, masker dapat ditambah dengan yoghurt, alpukat dan madu.

Dianjurkan untuk tetap mengonsumsi jenis buah-buahan lain agar tercukupi kebutuhan vitamin. Meskipun selama ini belum ditemukan kasus akibat kelebihan mengkonsumsi semangka, tetapi tetap harus dibatasi.

Untuk mengantisipasi, Anda dapat mengonsumsi semangka dibarengi dengan oatmeal untuk membantu penyerapan. Konsumsi semangka baik untuk setiap orang, tetapi bagi penderita diabetes dianjurkan tidak mengonsumsi semangka dalam jumlah yang terlalu banyak.