Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Menggunakan Minyak Nabati bagi Kesehatan

Bahaya Menggunakan Minyak Nabati bagi Kesehatan
MAWABEJA.COM - Mengurangi atau bahkan menghilangkan penggunaan minyak dalam masakan adalah hal yang hampir tidak bisa dilakukan, terutama untuk makanan gorengan. Akan tetapi, memilih minyak yang sehat adalah solusinya, seperti minyak nabati atau minyak sayur.

Ahli kesehatan pun banyak yang merekomendasikan dengan alasan minyak sayur bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta meningkatkan kesehatan tubuh karena kandungan lemak tak jenuh yang terkandung didalamnya.

Ternyata minyak nabati alias minyak sayur ini tak selamanya sehat bagi kesehatan. Apalagi, jika menggunakannya terlalu berlebih. Seperti yang dilansir dari situs healthmeup.com, beberapa efek buruk menggunakan minyak nabati adalah sebagai berikut!

1. Mengandung bahan kimia

Proses ektrasi dari minyak nabati umumnya dilakukan menggunakan proses kimiawi yang lebih kompleks. Hal itu membuat minyak sayur memiliki kandungan kimia yang lebih tinggi. Beberapa jenis minyak nabati kebanyakan mengandung BHT atau BHA yang bisa mencegahnya cepat kadaluarsa.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terlalu berlebihan mengonsumsi minyak ini bisa memicu infertilitas, kerusakan hati, dan menurunkan sistem imun.

2. Menyebabkan sakit jantung dan peradangan

Walaupun minyak sayur bisa menurunkan kolesterol, akan tetapi minyak ini memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang bisa meningkatkan resiko terserang sakit jantung.

Kandungan asam lemak omega-6 yang ada didalamnya juga bisa teroksidasi di dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan mutasi sel dan peradangan. Yang pada akhirnya, akibat peradangan tersebut menyebabkan mampu meblokir kesehatan arteri jantung.

3. Mengandung lemak trans

Lemak trans merupakan jenis lemak yang dapat memicu obesitas, kanker, dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Banyak orang yang tidak tahu bahwa ternyata minyak nabati mengandung lemak jenis ini.

Minyak sayur ternyata tak terlalu sehat seperti yang diperkirakan. Maka dari itu, menggunakan minyak lainnya seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak kelapa sawit adalah hal yang bisa dipertimbangkan.