Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Rambut Lepek

6 Cara Mengatasi Rambut Lepek

MAWABEJA.COM - Rambut dianggap sebagai mahkota wanita yang dijadikan pusat perhatian selain wajah. Rambut suatu bagian yang tentunya akan menambah penampilan seluruh bagian wajah dan tubuh nampak lebih sempurna. Untuk itu banyak wanita yang menginginkan mahkotanya terlihat sempurna. Berbeda ketika mengalami permasalahan rambut seperti lepek dan berminyak. Rambut lepek biasanya cenderung berminyak dan berketombe karena terlihat basah dan lembab.

Penyebab rambut lepek adalah ketidakseimbangan antara kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum. Salah memilih sampo juga membuat rambut lepek. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut lepek :

Keramas Setiap Hari
Jika rambut Anda lepek, sebaiknya keramas setiap hari. Selain menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada rambut atau kulit kepala, dengan keramas setiap hari minyak yang berlebih di kulit kepala akan hilang.

Pilih Sampo Yang Sesuai
Pilih sampo yang sesuai jenis dan karakter rambut. Salah memilih sampo akan membuat rambut semakin lepek dan kulit kepala banyak mengeluarkan minyak. Produk atau sampo tersebut mengandung bahan kimia seperti dioxane, propylene glycol, lauryl sulfate, dan lain-lain yang dapat menimbulkan minyak pada rambut sehingga menjadikannya lepek.

Cara Keramas
Ketika keramas, lakukan pembersihan rambut dengan bersih setelah menggunakan sampo sampai bersih. Jangan biarkan sisa sampo menempel pada kulit kepala atau rambut karena akan mengakibatkan bakal ketombe yang membuat rambut semakin lepek. Untuk keramas usapakn sampo mulai dari ujung rambut lalu ke bagian atas. Dengan begitu selain tidak lepek rambut tidak akan tipis pada bagian atas rambut.

Hindari Pemakaian Kondisioner
Pemilik rambut lepek sebaiknya tidak menggunakan kondisioner. Dengan pemakaian kondisioner ke bagian pangkal akar rambut dan kulit kepala tentu akan membuat rambut semakin lepek. Namun, jika karakter rambut pada bagian pangkal akar rambut lepek dan berminyak, tapi di bagian ujung rambut terlihat kering, maka boleh digunakan kondisioner di ujung rambut.

Creambath
Untuk creambath diperbolehkan karena dapat berfungsi melancarkan peredaran darah dan menyegarkan kulit kepala. Pijatan juga berguna untuk memudahkan penyerapan nutrisi ke dalam kulit kepala sehingga membuat kulit lebih sehat dan mengatasi kulit lepek. Namun pemakaian krim creambath harus disesuaikan dengan rambut lepek. Lakukan seminggu sekali jika rambut lepek terlalu parah.

Hindari Mengikat Rambut Basah
Saat rambut masih dalam keadaan basah, sebaiknya hindari mengikat rambut. Terlebih jika Anda menggunakan jilbab. Karena dengan rambut yang masih basah lalu ditutup jilbab atau pun diikat akan mengakibatkan rambut lembab dan tentu akan membuat rambut menjadi tambah lepek.

Mengatasi rambut lepek harus dilakukan secara rutin agar hasilnya terlihat dan maksimal. Perawatan ini tidak didapatkansecara instan, butuh waktu kurang lebih dua minggu hingga satu bulan agar hasilnya dapat terlihat.