Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Bahan Tradisional Yang Ampuh Atasi Maag

3 Bahan Tradisional Yang Ampuh Atasi Maag

MAWABEJA.COM - Maag seringkali dapat membuat aktivitas seseorang menjadi terganggu. Nyeri pada ulu hati menjadi salah satu gejala yang ditimbulkan dari sakit maag. Permasalahan dalam sistem pencernaan tentu tidak boleh diabaikan. Tanaman-tanaman herbal seperti pegagan, lidah buaya hingga temulawak memiliki zat-zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit maag. Benarkah? Bagaimana memanfaatkannya?

Penyakit maag tentu tidak boleh diabaikan begitu saja. Jika tidak segera disembuhkan, maag yang disebabkan infeksi bakteri Helicobacter Pyloni dapat menyebabkan pendarahan atau bahkan kanker lambung. Ada beberapa alternatif tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat maag, diantaranya pegagan, lidah buaya dan temulawak.

Pegagan
Tanaman yang memiliki nama Latin Cantella asiatica (L) Urban ini dapat berkhasiat sebagai anti infeksi, peluruh kencing batu atau diuretik ringan, mempercepat penyembuhan luka dan melebarkan pembuluh darah tepi. Selain itu pegagan juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi tukak lambung. Pegagan mengandung asam triterpen, asam madekasat, asam terminolat, madekasosida, indosentelosida, brahmosida, brahminosida, tankunisida, isotankunisida, kuersetin, kaempferol, dan stigmasetol.

Cara mengolah pegagan cukup mudah. Cuci sebanyak 30-60 gram pegagan, lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa menjadi satu gelas. Cara lain bisa dengan menggiling daun pegagan hingga halus kemudian seduh bubuk tersebut dengan air hangat. Setelah dingin dapat disaring atau bisa diminum sekaligus. Ibu hamil dan anak-anak sebaiknya tidak minum ramuan ini. Penggunaan ekstrak pegagan dalam dosis besar dapat memberikan efek mengantuk.

Lidah Buaya
Lidah buaya biasa dikenal orang sebagai tanaman hias atau penyubur rambut, ternyata juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan maag. Tanaman yang memiliki nama Latin Aloe Vera dapat menghilangkan panas hati, merelaksasi usus besar agar bisa buang air besar, anti radang, peluruh haid, dan parastisida. Kandungan utama dalam lidah buaya dikenal sebagai barbaloin (15-40%). Kandungan lainnya yaitu polisakarida dapat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi reaksi peradangan.

Cara membuat ramuan untuk mengobati sakit maag dengan mengambil gel segar dari 1/2 lembar daun lidah buaya. Gel tersebut dapat diminum sebanyak 2 kali dalam sehari. Untuk membuat rasa gel menjadi lebih enak dapat ditambahkan dengan madu. Penggunaan lidah buaya secara berlebihan dapat menimbulkan gejala mual dan diare hebat. Sebaiknya lidah buaya juga tidak dikonsumsi oleh mereka yang menderita maag kronis dan anak-anak di bawah usia 10 tahun. Wanita yang menyusui juga tidak dianjurkan mengonsumsi lidah buaya kecuali dalam pengawasan medis.

Temulawak
Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia yang sering dijadikan sebagai bahan baku obat tradisional. Selain untuk bahan obat tradisional, temulawak juga dapat dijadikan bahan baku kosmetik atau makanan dan minuman segar. Tanaman yang memiliki nama Latin Curcuma xanthorriza Roxb ini memiliki bau aromatik tajam, memiliki rasa pahit dan agak pedas. Bagian tanaman yang digunakan adalah bagian rimpangnya.

Cara mengolahnya, cuci 1 ruas temulawak hingga bersih, lalu kupas kulitnya dan iris tipis-tipis dengan ketebalan 7-8 mm. Selanjutnya keringkan di tempat yang terlindung dari panas matahari selama tujuh jam. Temulawak kering dapat ditumbuk hingga menjadi serbuk. Lalu serbuk direbus menggunakan 3 gelas air, rebus selama 15 menit. Setelah dingin, airnya disaring. Air saringan temulawak diminum 2-3 kali sehari diantara waktu makan. Temulawak tidak memberikan efek samping setelah diminum. Namun, keluhan pada lambung dapat terjadi jika digunakan dalam dosis yang terlalu banyak.